Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Harga Rokok Naik 35 Persen | Rombak-rombak Erick Thohir

Kompas.com - 01/01/2020, 06:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Artikel mengenai naiknya harga rokok per 1 Januari 2020 menjadi berita populer Money Kompas.com, Selasa (31/12/2019). Menyusul kenaikan tarif cukai rokok, maka harga eceran rokok juga naik.

Kemudian, berita mengenai upaya Menteri BUMN Erick Thohir dalam merombak jajaran direksi perusahaan pelat merah juga menyita perhatian pembaca Kompas.com.

Berikut 5 berita populer Money Kompas.com yang masih layak disimak pagi ini.

1. Sah, Mulai Besok Harga Rokok Naik 35 Persen, Ini Rinciannya

Mulai besok, pemerintah memutuskan menaikkan tarif cukai rokok efektif per 1 Januari 2020. Kenaikan cukai ini merupakan hasil rapat yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, September 2019 lalu.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan menetapkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok sebesar 23 persen. Imbasnya ada kenaikan harga jual eceran (HJE) sebesar 35 persen.

Kenaikan harga rokok sejalan dengan aturan pemerintah menaikkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) yang akan berlaku pada 1 Januari 2020 mendatang.

Selengkapnya, baca di sini.

2. Disebut-sebut dalam Kasus Jiwasraya, Ini Kata Rhenald Kasali

Nama Rhenald Kasali viral usai kasus seretnya keuangan Jiwasraya mencuat ke publik. Dalam sebuah dari sejumlah penghargaan yang diterima Jiwasraya, tercantum tandatangan Rhenald Kasali.

Menanggapi hal tersebut, Guru Besar Universitas Indonesia itu mengatakan, ada yang ingin membangun logika seakan-akan fraud terjadi karena sertifikat yang dikeluarkan BUMN Track itu.

"Ini benar-benar keterlaluan dan pembodohan. Bukannya membuat analisis yang benar dan tangkap pelaku fraud-nya, malah membangun logika yang ngawur,” kata Rhenald Kasali dalam siaran pers, Selasa (31/12/2019).

Selengkapnya, baca di sini.

3. Selain ASDP, Erick Thohir Juga Rombak Direksi Pelni

Kementerian Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) melakukan perombakan atas direksi PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni. Sebelumnya, Erick juga melakukan perombakan pada BUMN transportasi laut lainnya, yakni PT ASDP (Persero).

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menunjuk Ony Suprihartono sebagai Direktur Keuangan menggantikan posisi Tri Andayani.

Mantan Presiden Intermilan ini juga menempatkan Masrul Khalimi sebagai Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut yang sebelumnya dijabat Harry Boediarto.

Selengkapnya, baca di sini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com