Pakai BWM, Jokowi Mau Hapus Praktik Rentenir

Kompas.com - 01/01/2020, 11:43 WIB
Foto 2 Presiden Jokowi dan Menterinya gowes sepeda dari Alun-alun Pasar Johar menuju kawasan Kota Lama Semarang, Senin (30/12/2019) KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAFoto 2 Presiden Jokowi dan Menterinya gowes sepeda dari Alun-alun Pasar Johar menuju kawasan Kota Lama Semarang, Senin (30/12/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) mewanti-wanti pelaku usaha mikro agar jangan sekali-kali tergiur meminjam uang pada rentenir. Ini karena rentenir menetapkan bunga yang tinggi sehingga malah meberatkan peminjam.

Pemerintah sendiri, kata Jokowi, saat ini sudah mengembangkan akses permodalan lewat Bank Wakaf Mikro atau yang disingkat BMW.

"Masih di Kabupaten Kendal, kemarin, saya membuka sekaligus dua Bank Wakaf Mikro di lingkungan pesantren. Satu BWM di Pondok Pesantren Salaf Apik Kaliwungu dan satu lagi di Pondok Pesantren Al-Fadllu," kata Jokowi seperti dari akun Instagramnya, Rabu (1/1/2019).

Dua BWM terbaru tersebut menambah daftar bank serupa yang telah dibuka oleh pemerintah, sehingga saat ini berkembang pesat menjadi sebanyak 56 BWM.

Dikatakan Jokowi, BMW didirikan dengan konsep komunitas. Lembaga keuangan untuk pelaku usaha mikro ini banyak tersebar di lingkungan pesantren.

Baca juga: Malam Tahun Baru, Jokowi Bagi-bagi Kaos di Yogyakarta

"BWM didirikan untuk memperluas penyediaan akses keuangan bagi para pelaku usaha mikro dan kecil yang belum dapat menjangkau fasilitas perbankan," kata Jokowi.

"Terutama para santri dan masyarakat di sekitar lingkungan pondok pesantren. Jangan sampai mereka yang ingin membesarkan usaha-usahanya, malah meminjam ke rentenir," tambahnya.

Sejak diluncurkan pada Oktober 2017 hingga saat ini BWM sudah menyalurkan pembiayaan kepada kurang lebih 25.000 orang nasabah yang tersebar di 18 provinsi.

"Saya membuka dua Bank Wakaf Mikro di Kendal, kemarin, yakni di Pondok Pesantren Salaf Apik Kaliwungu dan di Pondok Pesantren Al-Fadllu," ungkap Jokowi.

Menurut Jokowi, sejak diluncurkan Oktober 2017, ada 56 BWM sudah berdiri, dan telah menyalurkan pembiayaan kepada 25.000-an nasabah di 18 provinsi.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X