Di Tengah Kontroversi Lobster, Susi Ditawari Jadi Duta Maritim

Kompas.com - 01/01/2020, 13:45 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, ikut melakukan shalat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (5/6/2019). KOMPAS.com/CHRISTOFORUS RISTIANTOMenteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, ikut melakukan shalat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (5/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menemui Susi Pudjiastuti di Pangandaran. Pertemuan sendiri dilakukan secara tertutup di kediaman Susi di Jalan Merdeka yang tak jauh dari Pantai Pangandaran.

Diungkapkan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata yang ikut serta dalam pertemuan tersebut, Ridwan Kamil menawari Susi untuk menjadi duta maritim di Jawa Barat.

"Pak Ridwan Kamil menawari jika Bu Susi berkenan jadi penasehat dan duta di bidang kemaritiman Jawa Barat," ungkap Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, Rabu (1/1/2019).

Kendati begitu, saat pertemuan tersebut, menurut Jeje, dirinya belum mengetahui apakah mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu menerima tawaran tersebut.

Ridwan Kamil tiba di rumah Susi pada 21.20 WIB. Dia mengendarai Toyota Alphard hitam. Saat keluar pada 22.43 WIB, Ridwan tidak memberikan keterangan.

Sebelumnya, pada Selasa sore, Ridwan Kamil meresmikan Destinasi Wisata Pangandaran di Pantai Timur. Dia juga mengambil sejumlah video lokasi terkini Pantai Barat dan Timur setelah revitalisasi tahap pertama selesai.

Baca juga: Jaya di Era Susi, Nasib Satgas 115 Pemburu Maling Ikan Kini di Tangan Jokowi

Kontroversi lobster

Sebagai penggagas aturan yang melarang ekspor baby lobster, Susi Pudjiastuti terang-terangan keberatan jika akhirnya ekspor benur dibuka kembali.

Saat masih menjabat Menteri KKP, kala itu Susi mengaku khawatir besarnya ekspor benih lobster ke Vietnam akan membuat kerusakan ekologi.

Tingginya permintaan benih lobster dari Vietnam membuat benih lobster dieksploitasi lewat penangkapan besar-besaran.

Padahal, kata Susi, jika benih lobster atau benur dibiarkan hidup di laut bebas, bisa bernilai sangat tinggi saat lobster dewasa ditangkap nelayan di masa mendatang.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X