Awali 2020, Rupiah Lesu

Kompas.com - 02/01/2020, 09:53 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap  dollar AS pada awal perdagangan tahun 2020 mengalami pelemahan.

Mengutip data Bloomberg, rupiah pasar spot pada Kamis (2/1/2020) pada pukul 09.18 WIB, berada pada level Rp 13.896 per dollar AS melemah 31 poin atau 0,22 persen dibanding penutupan Selasa sebelumnya Rp 13.865 per dollar AS.

Ariston Tjendra, Kepala Riset PT Monex Investindo Futures mengatakan, pelemahan rupiah masih terpengaruh penguatan beberapa aset berisiko.

"Pengumuman penandatanganan kesepakatan dagang akan menjadi sentimen positif bagi aset berisiko," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Tutup Tahun, Rupiah Perkasa

Hal tersebut juga diperkirakan akan mendorong pergerakan rupiah ke arah Rp 14.000 per dollar AS. Ditambah lagi kepastian rencana penandatanganan kesepakatan dagang antara AS dan China.

"Rupiah mungkin masih bisa bergerak di bawah Rp 14.000 karena berita positif dari kejelasan waktu penandatangan kesepakatan dagang AS Tiongkok yaitu tanggal 15 Januari," sebutnya.

Pengumuman penandatanganan kesepakatan dagang antara AS dan China fase satu ini menjadi berita baik yang diumumkan pasa pengujung tahun 2019.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada level Rp 23.850 per dollar AS sampai dengan Rp 13.960 per dollar AS.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X