Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Banjir, BI Pastikan Operasional Tetap Berjalan Normal

Kompas.com - 02/01/2020, 11:26 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memastikan kegiatan operasional sistem pembayaran dan sistem moneter Bank Indonesia tetap berjalan normal meski Ibu kota banjir sejak kemarin, Rabu (1/1/2020).

"Kegiatan operasional sistem pembayaran dan operasi moneter Bank Indonesia (BI) tetap berjalan normal sehubungan kondisi banjir di wilayah Jabodetabek," kata Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam siaran pers, Kamis (2/1/2020).

Onny menjelaskan, rangkaian operasional yang dimaksud meliputi layanan sistem pembayaran nontunai, didukung terjaganya kegiatan operasional sistem BI Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

Baca juga: BI: Modal Asing ke Indonesia Capai Rp 266 Triliun, Rupiah Stabil

Kedua, layanan sistem pembayaran tunai (layanan kas) guna memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memperoleh uang Rupiah yang layak edar.

Kemudian, transaksi operasi moneter rupiah dan valas serta kegiatan operasional Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) dan Indonia juga kembali normal.

"Transaksi operasi moneter Rupiah dan valas (berjalan normal), didukung sistem Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) dan Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP) yang tetap terjaga," ucap dia.

Baca juga: Sempat Terganggu karena Banjir, Operasional LRT Jakarta Kembali Normal

Sementara itu, tutur Onny, pihaknya bakal terus berkoordinasi dengan perbankan dan otoritas terkait untuk menjamin kelangsungan layanan sistem pembayaran guna mengantisipasi perkembangan kondisi cuaca.

"BI juga akan terus memastikan kegiatan operasi moneter serta pasar uang tetap berjalan lancar dan normal guna menjaga likuiditas dan stabilitas perekonomian," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com