Jakarta Banjir, BI Pastikan Operasional Tetap Berjalan Normal

Kompas.com - 02/01/2020, 11:26 WIB
Ilustrasi Gedung Bank Indonesia. Kompas.com/Robertus BelarminusIlustrasi Gedung Bank Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia ( BI) memastikan kegiatan operasional sistem pembayaran dan sistem moneter Bank Indonesia tetap berjalan normal meski Ibu kota banjir sejak kemarin, Rabu (1/1/2020).

" Kegiatan operasional sistem pembayaran dan operasi moneter Bank Indonesia (BI) tetap berjalan normal sehubungan kondisi banjir di wilayah Jabodetabek," kata Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam siaran pers, Kamis (2/1/2020).

Onny menjelaskan, rangkaian operasional yang dimaksud meliputi layanan sistem pembayaran nontunai, didukung terjaganya kegiatan operasional sistem BI Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

Baca juga: BI: Modal Asing ke Indonesia Capai Rp 266 Triliun, Rupiah Stabil

Kedua, layanan sistem pembayaran tunai (layanan kas) guna memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memperoleh uang Rupiah yang layak edar.

Kemudian, transaksi operasi moneter rupiah dan valas serta kegiatan operasional Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) dan Indonia juga kembali normal.

"Transaksi operasi moneter Rupiah dan valas (berjalan normal), didukung sistem Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) dan Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP) yang tetap terjaga," ucap dia.

Baca juga: Sempat Terganggu karena Banjir, Operasional LRT Jakarta Kembali Normal

Sementara itu, tutur Onny, pihaknya bakal terus berkoordinasi dengan perbankan dan otoritas terkait untuk menjamin kelangsungan layanan sistem pembayaran guna mengantisipasi perkembangan kondisi cuaca.

"BI juga akan terus memastikan kegiatan operasi moneter serta pasar uang tetap berjalan lancar dan normal guna menjaga likuiditas dan stabilitas perekonomian," pungkasnya.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X