Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Tak Ada Genangan Air, Bandara Halim Perdanakusuma Kembali Beroperasi Normal

Kompas.com - 02/01/2020, 12:32 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) kembali beroperasi normal hari ini, Kamis (2/1/2020) usai banjir setinggi mata kaki melanda landasan pacu sejak Rabu (1/1/2020).

VP Corporate Communication Angkasa Pura II Yado Yarismano mengatakan, Bandara Halim Perdanakusuma sudah kembali beroperasi normal usai Angkasa Pura II melakukan pengecekan.

"PT Angkasa Pura II melakukan pengecekan dan memastikan seluruh fasilitas, peralatan, dan runway sudah memenuhi aspek keamanan dan keselamatan penerbangan sehingga laik operasional," kata Yado dalam siaran pers, Kamis (2/1/2020).

Baca juga: Maskapai di Bandara Halim Beri 100 Persen Refund Tiket

Adapun dia bilang, kondisi runway saat ini sudah tidak terdapat genangan air sehingga dapat digunakan penuh dengan dimensi 3.000 x 45 meter.

"Struktur kekerasan dan kekesatan runway masih memenuhi standar dan tidak ada kerusakan akibat genangan air. Selain itu, tidak terdapat kerusakan lampu runway dan taxiway sehingga dapat digunakan dengan baik," ucap dia.

Yado menuturkan, Angkasa Pura II juga telah melakukan pengecekan dan pembersihan serpihan benda asing (foreign object debris/FOD) akibat material yang terbawa air.

Baca juga: Ini Penerbangan Batik Air yang Dialihkan dari Bandara Halim ke Soekarno-Hatta

Sebelumnya diberitakan, Bandara Halim Perdanakusuma sempat ditutup demi keamanan dan keselamatan penerbangan karena terdapat genangan air di runway.

Selama Halim Perdanakusuma ditutup, seluruh penerbangan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul penerbangan di Halim Perdanakusuma sempat dipindahkan ke Soekarno-Hatta" ujar President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Baca juga: Kena Dampak Banjir, PNS Dapat Jatah Cuti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com