Sudah Tak Ada Genangan Air, Bandara Halim Perdanakusuma Kembali Beroperasi Normal

Kompas.com - 02/01/2020, 12:32 WIB
Pantauan kondisi Bandara Halim Perdanakusuma, Rabu (1/1/2020) pagi. DOK DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN UDARAPantauan kondisi Bandara Halim Perdanakusuma, Rabu (1/1/2020) pagi.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) kembali beroperasi normal hari ini, Kamis (2/1/2020) usai banjir setinggi mata kaki melanda landasan pacu sejak Rabu (1/1/2020).

VP Corporate Communication Angkasa Pura II Yado Yarismano mengatakan, Bandara Halim Perdanakusuma sudah kembali beroperasi normal usai Angkasa Pura II melakukan pengecekan.

"PT Angkasa Pura II melakukan pengecekan dan memastikan seluruh fasilitas, peralatan, dan runway sudah memenuhi aspek keamanan dan keselamatan penerbangan sehingga laik operasional," kata Yado dalam siaran pers, Kamis (2/1/2020).

Baca juga: Maskapai di Bandara Halim Beri 100 Persen Refund Tiket

Adapun dia bilang, kondisi runway saat ini sudah tidak terdapat genangan air sehingga dapat digunakan penuh dengan dimensi 3.000 x 45 meter.

"Struktur kekerasan dan kekesatan runway masih memenuhi standar dan tidak ada kerusakan akibat genangan air. Selain itu, tidak terdapat kerusakan lampu runway dan taxiway sehingga dapat digunakan dengan baik," ucap dia.

Yado menuturkan, Angkasa Pura II juga telah melakukan pengecekan dan pembersihan serpihan benda asing (foreign object debris/FOD) akibat material yang terbawa air.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ini Penerbangan Batik Air yang Dialihkan dari Bandara Halim ke Soekarno-Hatta

Sebelumnya diberitakan, Bandara Halim Perdanakusuma sempat ditutup demi keamanan dan keselamatan penerbangan karena terdapat genangan air di runway.

Selama Halim Perdanakusuma ditutup, seluruh penerbangan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul penerbangan di Halim Perdanakusuma sempat dipindahkan ke Soekarno-Hatta" ujar President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Baca juga: Kena Dampak Banjir, PNS Dapat Jatah Cuti

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.