Per November 2019, Jumlah Kunjungan Wisman Hanya 14,92 Juta Orang

Kompas.com - 02/01/2020, 19:15 WIB
Sejumlah turis mancanegara berswafoto saat berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger, Desa Wonokitri, Kabupaten Pasuruan. Jawa Timur, Kamis (8/11/2018). Kementerian Pariwisata menargetkan pada 2019 kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia naik sebesar 500 persen menjadi 5 juta dan menghasilkan devisa Rp 87 miliar serta wisatawan nusantara naik 300 persen menjadi 2 juta dengan total devisa Rp.1,78 triliun. ANTARA FOTO/OKY LUKMANSYAHSejumlah turis mancanegara berswafoto saat berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger, Desa Wonokitri, Kabupaten Pasuruan. Jawa Timur, Kamis (8/11/2018). Kementerian Pariwisata menargetkan pada 2019 kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia naik sebesar 500 persen menjadi 5 juta dan menghasilkan devisa Rp 87 miliar serta wisatawan nusantara naik 300 persen menjadi 2 juta dengan total devisa Rp.1,78 triliun.
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia mencapai 14,92 juta kunjungan pada Januari-November 2019.

Angka tersebut naik 3,55 persen jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun 2018 yang berjumlah 14,40 juta kunjungan.

"Sepanjang Januari sampai November 2019, jumlah kunjungan wisman yang berkunjung melalui pintu masuk udara (pesawat) sebanyak 9,03 juta kunjungan," kata Kepala BPS Suhariyanto di Jakarta, Kamis (2/2/2020).

Baca juga: Gubernur NTT Sebut Wisatawan Miskin Tak Boleh ke Labuan Bajo, Ini Maksudnya

Sementara wisman yang masuk lewat pintu masuk laut (kapal) sebanyak 3,84 juta kunjungan, dan pintu masuk darat sebanyak 2.05 juta kunjungan.

Meski begitu, seperti disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, kunjungan wisman pada 2019 tak capai target.

Sebelumnya ia menyebut, jumlah wisman yang datang ke Indonesia hanya akan mencapai 16,3 juta. Sementara target pemerintah sebanyak 18 juta wisman.

Baca juga: Wishnutama Ingin Harga Tiket Pesawat Bisa Lebih Murah

Untuk itulah pihaknya saat ini tengah berupaya untuk bisa meningkatkan jumlah wisman tahun depan.

Salah satu caranya adalah dengan menurunkan harga tiket pesawat. Sebab dia menilai harga tiket pesawat yang mengalami peningkatan tajam sejak awal tahun menjadi salah satu penyebab jumlah wisatawan asing yang menyambangi RI mentok di 16 juta.

Baca juga: Simak, Ini Cara Klaim Asuransi Mobil yang Rusak karena Banjir



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X