Genangan Mulai Surut di KM 24 Tol Japek, Ini yang Dilakukan Jasa Marga

Kompas.com - 02/01/2020, 20:00 WIB
Kondisi Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Rabu (1/1/2020). Dokumentasi Jasa MargaKondisi Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Rabu (1/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Kamis (2/1/2020) pukul 17.30 WIB, genangan air di KM 24+000 (Cibitung) Jalan Tol Jakarta-Cikampek ( Tol Japek) arah Jakarta berangsur surut.

Sehingga, saat ini sebanyak dua lajur (lajur 3 dan lajur 4) dapat dilalui oleh seluruh golongan kendaraan.

Guna mengurangi kepadatan yang saat ini terjadi akibat genangan di Km 24+000 arah Jakarta, sejak pukul 08.15 WIB, PT Jasa Marga (Persero) Tbk atas diskresi Kepolisian telah memberlakukan satu lajur contraflow.

Ini dilakukan mulai dari Cikarang Barat Km 29 sampai Cibitung Km 23+600 arah Jakarta. Kemudian, sejak pukul 15.15 WIB telah ditambah menjadi dua lajur contraflow.

Baca juga: Tol Japek Masih Tergenang, Lalin Cikampek Dialihkan ke Cibitung

"Bagi pengguna jalan dari arah Cawang atau Halim yang menuju Jalan Tol JORR, saat ini GT Cikunir 4 telah beroperasi normal, baik yang mengarah ke Rorotan maupun ke arah Jatiasih," jelas Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru dalam keterangan tertulisnya, Kamis.

Sementara itu, Jasa Marga juga menginformasikan untuk Gerbang Tol (GT) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, pengguna jalan yang akan masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Cikarang Barat 4 arah Jakarta, GT Cikarang Barat 5 arah Jakarta, GT Cikarang Utara arah Jakarta telah beroperasi normal.

"Namun, lalu lintas yang masuk melalui ketiga gerbang tol ini akan kembali diarahkan keluar melalui GT Cibitung 2 untuk menghindari genangan di kilometer 24," ujarnya.

Baca juga: Tol Japek Masih Tergenang, Arus Balik ke Jakarta Dialihkan Keluar Tol

Bagi pengguna jalan yang melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek, pihak meminta pengendara berhati-hati. Pasalnya, ada pemberlakuan contraflow arah Jakarta.

Pihak Jasa Marga juga mengimbau kepada pengendara yang berpergian jarak jauh untuk menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated mulai dari KM 10.

"Untuk memastikan kondisi jalan tetap aman untuk pengguna jalan, saat ini petugas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek tengah menyiagakan perambuan serta penempatan petugas sebelum lokasi genangan air agar pengguna jalan dapat mengurangi kecepatan kendaraan dan mengantisipasi genangan air," katanya.

Untuk mempercepat proses penyurutan air, Jasa Marga juga terus melakukan upaya melalui pengoptimalan pompa.

"Jasa Marga juga mengerahkan dua eskavator untuk mempermudah pengecekan dan penyodetan aliran air ke saluran pembuangan," ujarnya.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X