Kompas.com - 02/01/2020, 21:02 WIB
Ilustrasi Bank Indonesia (BI). SHUTTERSTOCKIlustrasi Bank Indonesia (BI).

JAKARTA, KOMPAS.com - Angka inflasi tercatat hanya 2,72 persen pada 2019. Angka tersebut merupakan rekor terendah dalam 20 tahun terakhir.

Bank Indonesia tak mau ketinggalan menyambut angka inflasi yang terjaga di bawah 3 persen tersebut. BI menyebut hal tersebut tak lepas dari sinergi bersama.

"Pencapaian positif ini tidak terlepas dari konsistensi Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas harga," kata Direktur bagian Departemen Komunikasi BI, Muhammad Nur dalam pernyataan tertulisnya, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Baca juga: Ganggu Distribusi Pangan, Banjir Bakal Pengaruhi Inflasi Januari 2020

"Serta ditopang sinergi kebijakan yang kuat antara Bank Indonesia dan pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah," kata dia.

Sejak beberapa tahun lalu, BI bersama pemerintah pusat dan daerah memang terus menggelar rapat-rapat koordinasi bersama untuk menjaga angka inflasi agar tetap terkendali di bawah 3 persen.

Sementara itu, terkait inflasi Desember 2019 yang meningkat sesuai pola musiman sebesar 0,34 persen, namun angka tersebut lebih rendah dibandingkan dengan rerata inflasi IHK dalam empat tahun terakhir sekitar 0,68 persen secara bulanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: BNI: Jiwasraya Sudah Lunasi Utang Pada 31 Desember 2019

BI menilai perkembangan tersebut ditopang inflasi inti yang stabil pada level 0,11 persen (mtm).  Sementara itu, inflasi volatile food tetap terkendali sebesar 0,86 persen (mtm).

meskipun sesuai pola musiman akhir tahun, angka ini naik dibanding bulan lalu sebesar 0,42 persen (mtm). Pola musiman lainnya juga mempengaruhi kenaikan pada inflasi kelompok administered prices.

Baca juga: Simak, Ini Cara Klaim Asuransi Mobil yang Rusak karena Banjir

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.