Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angka Inflasi Catat Rekor, Ini Kata BI

Kompas.com - 02/01/2020, 21:02 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Angka inflasi tercatat hanya 2,72 persen pada 2019. Angka tersebut merupakan rekor terendah dalam 20 tahun terakhir.

Bank Indonesia tak mau ketinggalan menyambut angka inflasi yang terjaga di bawah 3 persen tersebut. BI menyebut hal tersebut tak lepas dari sinergi bersama.

"Pencapaian positif ini tidak terlepas dari konsistensi Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas harga," kata Direktur bagian Departemen Komunikasi BI, Muhammad Nur dalam pernyataan tertulisnya, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Baca juga: Ganggu Distribusi Pangan, Banjir Bakal Pengaruhi Inflasi Januari 2020

"Serta ditopang sinergi kebijakan yang kuat antara Bank Indonesia dan pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah," kata dia.

Sejak beberapa tahun lalu, BI bersama pemerintah pusat dan daerah memang terus menggelar rapat-rapat koordinasi bersama untuk menjaga angka inflasi agar tetap terkendali di bawah 3 persen.

Sementara itu, terkait inflasi Desember 2019 yang meningkat sesuai pola musiman sebesar 0,34 persen, namun angka tersebut lebih rendah dibandingkan dengan rerata inflasi IHK dalam empat tahun terakhir sekitar 0,68 persen secara bulanan.

Baca juga: BNI: Jiwasraya Sudah Lunasi Utang Pada 31 Desember 2019

BI menilai perkembangan tersebut ditopang inflasi inti yang stabil pada level 0,11 persen (mtm).  Sementara itu, inflasi volatile food tetap terkendali sebesar 0,86 persen (mtm).

meskipun sesuai pola musiman akhir tahun, angka ini naik dibanding bulan lalu sebesar 0,42 persen (mtm). Pola musiman lainnya juga mempengaruhi kenaikan pada inflasi kelompok administered prices.

Baca juga: Simak, Ini Cara Klaim Asuransi Mobil yang Rusak karena Banjir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com