4 Gaya Hidup Ini Akan Membuat Dirimu Kaya di 2020

Kompas.com - 05/01/2020, 08:59 WIB
Ilustrasi miliarder. SHUTTERSTOCKIlustrasi miliarder.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika tahun 2020 ini tujuan hidup Anda mencari uang dan kekayaan, maka gaya hidup Anda juga harus ikut berubah.

Gaya hidup hedonisme menjadi hal utama yang harus dihindari untuk mencapai tujuan menjadi kaya di 2020. Sebaliknya, Anda harus memikirkan bagaimana bisa memaksimalkan pendapatan yang bisa membuat Anda kaya.

Baca juga: Ingin Kaya di 2020? Stop 5 Kebiasaan Ini

Dikutip dari CNBC Minggu (5/1/2019), berikut ini adalah empat gaya yang anda bisa lakukan untuk mengejar kekayaan Anda di tahun 2020:

1. Sumber Pendapatan Lebih Dari Satu

Gaya hidup orang yang kaya biasanya tidak puas dengan satu sumber pendapatan. Sumber kekayaan mereka biasa di dapat dari berbagai jenis bisnis yang mereka geluti dengan sungguh-sungguh.

Thomas C. Corley yang merupakan seorang penulis soal milliader, mengatakan 65 persen orang kaya memiliki setidaknya tiga aliran pendapatan yang mereka ciptakan sebelum menjadi milliader.

"Seperti penyewaan real-estate, pekerjaan sampingan atau pekerjaan paruh waktu, menjadi sumber yang bagus untuk penghasilan Anda," ucapnya.

2. Menabung untuk Investasi

Cenderung orang yang kaya memiliki gaya hidup menabung untuk investasi. Faktanya seringkali kekayaan diukur dengan seberapa banyak Anda menabung dan berinvestasi ketimbang ukuran gaji Anda saat ini.

“Rata-rata, jutawan berinvestasi 20 persen dari pendapatan rumah tangga mereka setiap tahun. Kekayaan mereka tidak diukur dengan jumlah yang mereka hasilkan setiap tahun, tetapi dengan cara mereka menabung dan berinvestasi dari waktu ke waktu," ucap pakar keuangan Ramit Sethi.

3. Menabung dan Investasi Dilakukan Secara Otomatis.

Setelah Anda berkomitmen untuk menginvestasikan uang Anda, cara termudah untuk tetap terus melakukannya adalah dengan membuat prosesnya otomatis.

Siapkan transfer reguler sehingga uang dari gaji Anda dikirim ke rekening tabungan atau investasi Anda setiap bulan.

Katakanlah salah satu tujuan Anda tahun 2020 adalah memiliki tabungan Rp 20 Juta untuk modal bisnis. Mulailah dengan mencari tahu berapa banyak Anda harus menabung selama tahun ini untuk mencapai tujuan itu.

Kemudian siapkan transfer otomatis sehingga Anda bisa konsisten mengisi tabungan Anda setiap kali gajian.

4. Bangun Jejaring Dengan Orang Sukses

Tak bisa dipungkiri pergaulan jelas akan mempengaruhi gaya hidup seseorang. Jika Anda bergaul dengan yang senang shopping maka keuangan-mu akan habis sia-sia.

Untuk itu mempunyai pergaulan dengan sesama orang yang memiliki tujuan kaya akan finansial dapat membantu Anda meraih mimpi yang sama.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X