Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Memperbaiki Keuangan Yang Berantakan

Kompas.com - 05/01/2020, 18:31 WIB
Wayan A. Mahardhika,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2020 ini tentu saja setiap orang berharap kondisi keuangannya lebih sehat dan memiliki tabungan yang besar dari pada tahun lalu.

Memang mengubah gaya hidup yang lebih hemat tidak lah mudah namun, tidak ada salahnya untuk mencoba memulai hal tersebut.

Baca juga: Ingin Bebas dari Utang di 2020? Pangkas 5 Pengeluaran Ini

Dilansir dari CNBC, Minggu (5/1/2020), bagi kamu tahun ini yang ingin memperbaiki Keuangan dalam setahun ini, berikut ini tips-nya:

1. Lacak pengeluaran Anda selama satu bulan

Tips keuangan ini tampaknya mendasar, tetapi merupakan kunci untuk menentukan ke mana uang Anda pergi dan bagaimana Anda dapat mengalokasikannya dengan lebih baik.

Catatlah pengeluaran Anda, dan kategorikan apa saja yang dikeluarkan selama sebulan (tagihan, makanan, transportasi, makan di luar, hiburan, dll.). Di akhir bulan, hitung total yang Anda habiskan di masing-masing kategori tersebut.

Dengan cara ini Anda bisa mengetahui letak pengeluaran Anda yang boros dan perlu dikurangi.

2. Kebutuhan dan keinginan

Terkadang keinginan belanja selalu menjadi kesalahan besar dalam finansial sebab uang keluar dengan tidak terencana. Diskon selalu menjadi alasan untuk membeli barang yang sebenarnya belum dibutuhkan.

Ketahuilah bahwa diskon akan keluar kapan saja , dan tidak ada salahnya juga kita berbelanja saat diskon, namun yang harus diperhatikan apakah barang yang dibeli itu kebutuhan atau hanya keinginan semata.

3. Cari Pendapatan dari Sumber Lain

Hal lain yang mungkin bisa dilakuakan jika tahun ini ingin keuangan yang stabil, maka mencari pendapatan dari sumber lain seperti berbisnis, ataupun kerja freelance menjadi opsi yang bagus.

Selain itu dengan pendapatan yang lebih maka potensi kamu bisa menabung banyak di 2020 bisa akan terwujud.

4. Keberlanjutan

Dalam rangka menyehatkan keuangan yang terpenting harus diperhatikan adalah bisa "sustain" atau berlanjut. Hal tersebut tidak mudah sebab anda harus berhenti berbelanja dan berhemat sudah tak bisa dihindarkan, namun tanpa konsistensi maka jangan berharap keuanganmu bisa sehat selama setahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com