3 Kebaikan Yang Bisa Buat Bisnis Online Kamu Laris Manis

Kompas.com - 05/01/2020, 21:13 WIB
Ilustrasi bisnis online THINKSTOCKIlustrasi bisnis online

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersikap ramah bisa membantu bisnis kita mendapatkan impresi positif dan akhirnya bisa mendapatkan pelanggan tetap. Hal itu juga menjadi salah satu kunci suksesnya suatu bisnis.

Namun berbeda dengan jika kita membangun bisnis berbasis online, tentu mencoba ramah dan baik akan sulit hanya melalui pesan elektronik tanpa bertatap muka. 

Memang, beramah tamah hanya bisa diterapkan dalam bisnis konvensional. Namun sebenarnya dalam bisnis online pun hal tersebut dapat diterapkan dengan cara berbeda.

Dikutip dari the entrepreneur, Minggu (5/1/2020), berikut ini empat hal kebaikan dan ramah tamah yang kamu bisa terapkan untuk bisnis online:

1. Berikan Diskripsi Barang Yang Lengkap dan Jujur

Dalam bisnis online maupun tradisional, keterangan dan asal-usul produk kita akan menjadi penilaian utama dari para pembeli. Bedanya jika online pembeli tidak bisa melihat kualitas barang secara langsung, sehingga untuk menunjukan niat baik maka bisa dimulai dengan menuliskan deskripsi yang jujur dan akurat mengenai produk yang dijual.

Misalnya jika barang itu KW atau tidak original, maka dengan sejujurnya kita menulis di deskripsi barang bahwa tersebut KW. Dengan kejujuran seperti itu maka dipastikan bisnis online Anda akan dinilai baik oleh para pembeli.

2. Jangan Comot Foto Google atau Gambar Toko Online lainnya

Seperti yang dijelaskan sebelumnya pembeli tidak bisa melihat produk online secara languung. Untuk agar bisnis online dirasa kredibel maka lampirkan lah foto produk anda sendiri.

Kabanyakan dalam bisnis online banyak yang menjual barang tak sesuai foto. Jika pembeli kecewa dengan barang kita karena tak sesuai foto, otomatis bisnis kita dicap suka menipu.

3. Menyediakan Segala Jenis Pembayaran.

Selanjutnya reputasi sebuah toko online juga akan berpengaruh pada jenis pembayaran yang disediakan. Dijaman sekarang ini dimana penipuan berkedok jual beli online semakin marak, banyak pembeli memilih untuk tidak melakukan transfer langusng kepada penjual.

Biasanya pembayaran via COD, rekening bersama dan pembayaran via marketplace seperti Tokopedia dan bukalapak menjadi opsi populer saat ini bagi pembeli.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X