Terus Naik, Harga Emas Dunia Sentuh Level Tertinggi Sejak 2013

Kompas.com - 06/01/2020, 08:09 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga emas dunia melonjak ke level tertinggi hampir tujuh tahun karena meningkatnya ketegangan di Timur Tengah yang memicu permintaan untuk aset haven.

Harga pasar emas naik 2,3 persen menjadi 1.588,13 dollar AS, per ounce. Posisi ini merupakan yang merupakan level tertinggi sejak April 2013.

Kepala strategi pasar di AxiTrader Ltd, Stephen Innes, mengatakan, kenaikan tersebut dipicu oleh Pemerintah Iran yang mengatakan tidak akan lagi tunduk pada batasan jumlah uraniumnya setelah pembunuhan Jenderal Iran Qassem Soleimani.

Baca juga: Akhir Pekan, Harga Emas Antam Melonjak Rp 8.000 Per Gram

Sementara itu Presiden AS Donald Trump mengatakan kepada anggota parlemen AS bahwa dia siap menyerang Iran kembali jika negara tersebut melakukan serangan balasan terhadap AS.

"Selain itu pasar emas global mengalami kenaikan cukup besar untuk awal 2020 yang didorong oleh dolar yang lebih lemah, suku bunga riil yang lebih rendah, dan dampak perang dagang dalam mengekang pertumbuhan global," ucap Stephen dilansir dari Bloomberg, Senin (6/1/2020).

Ketegangan AS-Iran membuat para investor untuk segera membeli emas untuk dijadikan sebagai aset safe heaven.



Sumber Bloomberg
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X