4 Tips Agar Terbebas dari Cicilan Utang yang Membelit

Kompas.com - 06/01/2020, 08:40 WIB
Ilustrasi rupiah iStockphoto/danikancilIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Memulai tahun baru ini tentu saja setiap orang berharap terlepas dari lilitan utang. Namun tak dipungkiri terkadang sampai tahun baru pun utang masih saja menghantui.

Utang pun bisa menjadi sumber stres dan kecemasan.

Untuk itu diperlukan pengelolaan utang yang baik. Sehingga uang kita pun tidak hanya habis untuk bayar hutang.

Baca juga: Produk Baru KPR Syariah, Nasabah Bisa Atur Besaran Cicilan Sendiri

Dilansir dari The Balance, Jumat (5/1/2020) berikut ini beberapa cara agar Anda bisa terbebas dari utang di 020 :

1. Ubah kebiasaan buruk konsumtif

Jika kebiasaan belanja membuat kamu terus berhutang,maka berhentilah terlalu banyak membelanjakan uang. Mulailah susun anggaran serta buatlah dana darurat.

Kendalikan belanja Anda dengan melacak setiap pengeluaran per kategori, lalu jumlahkan. Ini memudahkan Anda mengetahui ke mana perginya uang Anda.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah melihat persentase pengeluaran per kategori, seperti biaya rumah, gas, makanan, dan sebagainya. Untuk menghitung persentasenya, bagi jumlah yang Anda belanjakan pada setiap kategori dengan jumlah pengeluaran bulanan.

Setelah menganalisa belanja Anda, maka mulailah mengubah cara Anda membelanjakan uang. Misalnya, jika lebih dari 25 persen penghasilan Anda dibelanjakan untuk makanan, maka cari cara bagaimana angka ini bisa dikurangi.

Baca juga: Dikaitkan dengan Natuna, Berapa Utang Indonesia ke China?

2. Ketahui jumlah utang

Beberapa orang tanpa sadar mereka tak mengetahui jumlah spesfik utang mereka dan terkadang ini dilakukan secara sengaja.

Untuk menghindari lingkaran hutang harusnya Anda berani melihat angka hutang anda meskipun itu jumlahnya besar.

Buatlah daftar semua utang yang Anda miliki termasuk pula bunganya dan angka minimum pembayarannya. Sehingga anda bisa mengetahui hutang mana yang perlu dilunasi sesegera mungkin dan menghindarinya di masa depan.

Baca juga: Ingin Bebas dari Utang di 2020? Pangkas 5 Pengeluaran Ini

3. Tentukan besaran yang mampu Anda bayarkan

Bila saat ini Anda membayar utang dengan angka minimum setiap bulan, maka utang akan lunas dalam beberapa tahun atau dekade.

Untuk melunasi utang dengan cepat, Anda bisa membayar lebih dari angka minimum setiap bulannya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, gunakan anggaran yang Anda miliki untuk melunasi utang. Gunakan anggaran bulanan untuk mengetahui seberapa besar yang Anda bisa sisihkan untuk membayat utang tiap bulan.

Totalkan semua penghasilan Anda, baik gaji, tunjangan, bonus, imbal hasil investasi, dan sebagainya.

Kemudian, buat rincian pengeluaran rutin dan minimum pembayaran utang. Jangan lupa juga menyisihkan untuk pengeluaran tak terduga. Kedua, bayar utang dengan besaran lebih besar kapanpun Anda bisa. Semakin besar jumlah yang Anda bayarkan, semakin cepat pula utang Anda lunas.

4. Ingat kenapa Anda berutang

Meningat alasan berutang adalah hal ampuh untuk mencegah Anda kembali melakukan hal yang sama.

Terbebas dari utang mewajibkan Anda mengubah kebiasaan yang membuat Anda berutang. Luangkan waktu sejenak untuk kembali mengingat apa yang membuat Anda harus memiliki utang.

Baca juga: Diiklankan Siap Digilir untuk Lunasi Utang, Sangat Tidak Manusiawi


Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X