Pasang Surut Hubungan RI-China: Galak di Laut, Mesra di Darat

Kompas.com - 06/01/2020, 11:19 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tensi hubungan Indonesia-China sedang panas dingin dalam beberapa hari terakhir. Ini setelah insiden kapal-kapal nelayan asal China yang dikawal kapal coast guard terdeteksi masuk secara ilegal ke Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di perairan Natuna.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia sudah melakukan protes diplomatik ke pemerintah China dan memanggil Dubes Cina untuk Indonesia.

TNI sudah menerjunkan 6 kapal untuk mengusir kapal-kapal China dari perairan Natuna. Bahkan TNI juga menyiapkan 18 operasi siaga tempur di wilayah tersebut.

Baca juga: Soal Natuna, Pengamat: Kehadiran merupakan Kata Kunci...

Sementara Beijing mengklaim kapal nelayan dan coast guard China tak melanggar kedaulatan Indonesia. Dasar yang dipakai adalah sembilan garis putus-putus atau nine dash line.

Meski ada kerenggangan karena isu Natuna, Indonesia-China masih mesra di bidang ekonomi.

Investasi China naik tajam dari tahun ke tahun yang menandakan hubungan yang semakin mesra antar kedua negara.

Pada beberapa dekade lalu, China tak pernah masuk sebagai sepuluh investor terbesar di Indonesia. Namun dalam beberapa tahun belakangan, malah jadi salah satu investor terbesar yang menanamkan modalnya di Indonesia.

Dalam catatan Badan Koordinator dan Penanaman Modal (BKPM), realisasi investasi dari China di Indonesia selama kuartal III-2019 mencapai 1,02 miliar dollar AS atau sekitar Rp 14.322 triliun (kurs Rp 14.000).

Baca juga: Pertamina, Shell, dan Total Turunkan Harga BBM, Cek Perbandingannya

Nilai investasi sebesar itu menempatkan China berada di posisi ketiga sebagai negara dengan realisasi investasi terbesar di Tanah Air.

Sebagai perbandingan, seperti dicatat BKPM, sepanjang Januari-September 2019, nilai investasi yang digelontorkan Negeri Panda ini 3,31 miliar dollar AS atau Rp 46.382 triliun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.