Klaim Banjir Anda Tak Diterima Asuransi? Mungkin Ini Penyebabnya

Kompas.com - 07/01/2020, 10:28 WIB
Puing dan perabotan rumah tangga tampak kacau berlumur lumpur di perumahan Kemang Ifi, Jatiasih yang berada tepat di tepi Kali Bekasi usai digempur banjir pada Rabu (1/1/2020). KOMPAS.COM/VITORIO MANTALEANPuing dan perabotan rumah tangga tampak kacau berlumur lumpur di perumahan Kemang Ifi, Jatiasih yang berada tepat di tepi Kali Bekasi usai digempur banjir pada Rabu (1/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasca banjir merendam sebagian wilayah Jabodetabek, kerugian yang jumlahnya tak sedikit mau tak mau harus ditanggung, jelas sangat memberatkan. Terutama bagi bangunan yang tak dicover asuransi.

Namun kebanyakan orang terpaksa harus menelan pil pahit karena ternyata klaimnya untuk bangunan yang jadi korban banjir ditolak pihak asuransi.

Pengamat asuransi Irvan Rahardjo menilai masyarakat perlu pemahaman dan sosialisasi agar tak salah dalam memilih asuransi.

"Yang harus diwaspadai dalam situasi saat ini kebanyakan polis asuransi tidak menjamin risiko banjir. Karena risiko banjir itu perluasan jaminan atau jaminan tambahan. Jaminan itu tidak ada pada polis standar," sebut Irvan kepada Kompas.com.

Baca juga: Soal Klaim Asuransi Banjir untuk Kendaraan, Perhatikan Ini

Irvan menegaskan, hanya bentuk properti usaha yang umumnya menggunakan asuransi banjir. Ini berbeda dengan perumahan warga, yang pada umumnya tidak tercover asuransi kala banjir.

" Banjir kemarin itu umumnya melanda perumahan warga dan pemukiman. Objek-objek seperti itu umumnya tidak dijamin dengan tambahan risiko banjir," katanya.

Adapun jenis asuransi banjir yang lazim dibeli sebagai asuransi tambahan adalah asuransi bangunan komersil seperti pabrik, gudang, ruko, mall, dan perkantoran.

Irvan menilai, kurangnya sosialisasi asuransi banjir ini menjadi penyebab masyarakat tidak mempunyai asuransi yang menjamin banjir.

"Kan tidak tiap tahun banjir dan orang tidak membeli jaminan tambahan banjir," katanya.

Baca juga: Pasca Banjir, Lihat Lagi Pentingnya Asuransi Kerugian

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X