Ingin Memulai Bisnis di 2020? Simak 5 Tips Berikut Terlebih Dahulu

Kompas.com - 07/01/2020, 12:09 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki tahun 2020, anda mungkin memiliki resolusi untuk mulai membangun bisnis pribadi. Berbagai alasan dapat mendasari resolusi yang satu ini.

Mulai dari menambah pemasukan hingga terbebas dari rutinitas jam kerja karyawan.

Namun, Anda mungkin masih bingung bagaimana cara untuk merealisasikan ide bisnis anda di tahun ini.

Dilansir dari Daily Mail, Selasa (7/1/2020) berikut 5 tips yang perlu Anda ketahui sebelum memulai suatu bisnis.

1. Pikirkan ide bisnis secara matang

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menemukan suatu ide bisnis. Akan tetapi, bukan hanya sekedar menemukannya, anda juga harus benar-benar memperhitungkannya.

Anda harus mengetahui pasar dari ide bisnis yang dimiliki hingga modal untuk merealisasikan ide tersebut.

Selain itu anda juga dapat memikirkan apa keuntungan memulai bisnis. Misal saja, terbebas dari masalah keuangan atau rutinitas jam kerja.

Baca juga: 3 Bisnis Sektor Pertanian yang Prospektif di 2020

2. Cari nama yang menarik

Meski terlihat sepele, nama memiliki peranan yang cukup krusial pada kenyataannya. Pasalnya, pelanggan akan mudah menemui dan menghafal merek dengan nama yang menarik.

Dengan nama yang menarik tersebut juga nantinya akan memudahkan anda melakukan branding.

3. Kembangkan website bisnis

Saat ini Anda tidak lagi perlu memiliki kantor atau toko untuk memulai suatu usaha. Anda hanya perlu membangun suatu website sebagai informasi kepada calon pelanggan mengenai bisnis Anda.

Apabila anda tidak mengetahui cara mengembangkan suatu website, saat ini sudah banyak penyedia jasa pengembang website di berbagai platform.

Baca juga: 5 Tips Rencanakan Anggaran Awal Tahun agar Bisnis Kecil Untung Gede

4. Kembangkan SEO bisnis Anda

Salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan usaha anda ialah menggunakan fitur search engine optimization (SEO) yang dimiliki platform internet. Secara singkat, fitur ini akan membuat website anda kerap muncul ketika seseorang sedang mencari kebutuhannya di internet.

Saat ini sudah banyak buku atau artikel mengenai cara memaksimalkan SEO. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jasa di internet untuk melakukan hal ini.

5. Maksimalkan penggunaan media sosial

Media sosial dapat menjadi platform yang tepat bagi anda untuk memasarkan usaha atau produk Anda. Berbagai platform bahkan saat ini sudah memiliki fitur promosi yang dapat digunakan secara mudah.

Selain itu, platform media sosial juga dapat digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan pasar yang dimiliki. Dengan berbagai fitur sosial yang ditawari Facebook hingga LinkedIn anda dapat mendapatkan feedback atau masukan dari pasar untuk mengembangkan bisnis Anda.

Baca juga: Agar Bisnis Anda Diminati Generasi Z, Terapkan Trik Ini



Sumber Daily Mail
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X