Akhir Tahun 2019, Optimisme Konsumen Menguat

Kompas.com - 07/01/2020, 15:17 WIB
Ilustrasi konsumen Thinkstockphotos.comIlustrasi konsumen

JAKARTA, KOMPAS.com - Survei Konsumen Bank Indonesia ( BI) pada Desember 2019 mengindikasikan optimisme konsumen menguat.

Hal ini terindikasi dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Desember 2019 yang meningkat menjadi 126,4, dari IKK pada bulan sebelumnya sebesar 124,2.

Dalam siaran resmi Bank Indonesia, Selasa (7/1/2020) disebutkan, peningkatan optimisme konsumen tersebut terjadi merata pada seluruh kelompok pengeluaran.

Peningkatan optimisme konsumen didorong oleh membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan.

Baca juga: Survei BI: Optimisme Konsumen Menguat

Perbaikan persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini didorong oleh persepsi yang lebih baik terhadap ketersediaan lapangan kerja, penghasilan saat ini, dan pembelian barang tahan lama (durable goods).

Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan yang lebih baik dipengaruhi oleh ekspektasi penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja yang membaik.

Konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga pada 3 bulan mendatang atau Maret 2020 akan meningkat.

Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga 3 bulan yang akan datang meningkat dibandingkan dengan indeks pada bulan sebelumnya.

Baca juga: Studi: Konsumen Indonesia Belanja Online hingga 5 Kali Sebulan

Peningkatan tekanan harga tersebut dipengaruhi oleh ekspektasi konsumen terhadap penyesuaian harga pada kelompok administered prices atau harga yang diatur pemerintah.

Selain itu, tekanan kenaikan harga pada 6 bulan yang akan datang atau Juni 2020 diperkirakan juga meningkat seiring dengan harga yang masih tinggi pasca Idul Fitri.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X