Pemerintah Kejar Pembangunan Pangkalan Nelayan di Natuna

Kompas.com - 07/01/2020, 16:53 WIB
Kawasan perairan Natuna Geoseismic-seasiaKawasan perairan Natuna

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah segera mempercepat pembangunan pangkalan nelayan di Natuna.

Ini dilakukan untuk merespon kapal asing asal China yang mencuri ikan di perairan Natuna.

Luhut mengakui bahwa pembangunan pangkalan nelayan merupakan proyek lama yang kunjung belum selesai. Namun dirinya berjanji bahwa tahun ini pangkalan tersebut akan selesai.

" Sudah bertahun-tahun kita persiapkan nelayan kita. Tapi pangkalan nelayan di Natuna tidak pernah siap. Sekarang akan kita paksa. Saya sudah bicara dengan menteri KKP, dan ini harus siap tahun ini," ucapnya saat ditemui di Kantornya Kemenko Marves, Jakarta, Selasa (7/1/2020).

Baca juga: Dianggap Tak Tegas soal Natuna, Ini Kata Luhut

Menurutnya, selama ini banyak nelayan Indonesia yang kesulitan melaut ke perairan Natuna untuk mencari ikan, yang menyebabkan kapal China sering mencuri ke Natuna.

Luhut mengatakan pangkalan tersebut nantinya ditunjukan untuk nelayan pantai Utara (jawa) dan Sumatera yang ingin menangkap ikan di Natuna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Nelayan dari pulau Jawa utara dan Sumatera ke sana tidak pernah jalan mengambil ikan di perairan ZEE Natuna, sekarang kita akan benerin," ucapnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.