Indonesia Optimis Bisa Menang Melawan Gugatan Eropa Soal Nikel

Kompas.com - 07/01/2020, 20:31 WIB
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga KOMPAS.COM/RINA AYU LARASATIWakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia siap hadapi gugatan Eropa terkait Nikel. Pemerintah juga menegaskan tak ada peningkatan tensi hubungan antara UE dan Indonesia.

"Pada 29 November 2019 Indonesia telah menyetujui permintaan konsultasi Uni Eropa guna membahas kebijakan mineral dan batu bara Indonesia," kata Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat ditemui di kantor Kementerian Perdagangan, Selasa (07/01/2019)

Menurut Jerry, proses ini merupakan hal wajar bagi anggota WTO untuk saling menguji hak dan kewajiban masing-masing berdasarkan komitmen yang dibuatnya.

Baca juga: Indonesia Akan Batasi Ekspor Bijih Nikel, Industri Baja Eropa Tuding Ini

"Tanggal 15 Januari untuk bisa melihat kembali posisi masing masing kementerian atau lembaga terkait untuk melihat pertanyaan yang akan dilayangkan ke kami dengan komprehensif, detail dan rasionalisasi yang memang masuk akal," kata Jerry.

Saat ini Indonesia sedang menunggu pertanyaan dari UE yang diperkirakan akan dikirimkan 2 minggu dari sekarang

Namun Jerry optimis, Indonesia bisa memenangkan gugatan melawan Eropa terkait Nikel.

"Saya pikir optimistis. Nanti kita bahas saat kita menerima pertanyaan. Kita akan deliver itu dengan tepat sasaran," kata Jerry

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X