Kemenlu Gandeng Kadin untuk Perkuat Diplomasi Ekonomi

Kompas.com - 08/01/2020, 11:29 WIB
Sambutan dari ketua Kadin, Rosan yang didampingi Menlu dan Wamenlu, Selasa (7/1/2020) KOMPAS.COM/RINA AYU LARASATISambutan dari ketua Kadin, Rosan yang didampingi Menlu dan Wamenlu, Selasa (7/1/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri ( Kemenlu) bersama Kamar Dagang Indonesia ( Kadin) bekerja sama untuk mengembangkan diplomasi ekonomi.

Gagasan ini dimulai oleh Kadin yang kemudian menggandeng pemerintah untuk menguatkan diplomasi ekonomi Indonesia.

"Menlu Retno Marsudi akan menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Pak Rosan (Ketua Kadin) untuk bersama-sama menjalankan dan membangun sinergi mencapai apa yang menjadi salah satu prioritas pemerintah dan perwakilan RI di luar negeri yaitu diplomasi ekonomi," kata Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra di Jakarta Pusat, Selasa (7/1/2020). 

Ia melanjutkan bahwa hal yang ingin dicapai oleh Kemenlu dan Kadin adalah agar para Perwakilan RI yang berada di 132 lokasi, 95 kantor kedutaan besar, 30 Konsulat Jenderal dan 4 konsulat, nantinya akan bekerja sama dengan komite-komite tetap bilateral dan regional dari Kadin yang berjumlah sekitar 40. 

"Kita harap masing-masing bisa membangun sinergi dan kerjasama untuk menyusn program aktifitas dan kunjungan, promosi bagi produk-produk yang spesifik dan customized tidak lagi yang menyeluruh umum yang sering kali menjadi masalah di lapangan," ucap Mahendra

Identifikasi Peluang

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum Kadin, Rosan Roeslani juga menjelaskan apa yang menjadi harapan Kadin dengan kerja sama ini.

"Kita akan mulai berkerja dan mengindentifikasi apa sih peluang-peluangnya, apa sih situasinya, apa sih keinginan dari kedua belah pihak," ucap Rosan

Rosan melanjutkan, walaupun selama ini Kadin sudah berhubungan dengan seluruh Kadin di luar negeri dengan chambers-chambersnya maupun dengan bisnis consulnya, tetapi Kadin tetap butuh masukan lebih.

"Nah kita juga perlu masukan dari misalnya dari pemerintab kita sendiri yaitu duta besar ini. Jadi kita harapkan para dubes ini adalah market inteligent buat kita," ujar Rosan.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X