Ingin Klaim Asuransi Banjir? Simak Caranya

Kompas.com - 08/01/2020, 14:10 WIB
Mobil-mobil warga Pondok Gede Permai, Jatiasih, Kota Bekasi yang bertumpukan usai dihanyutkan banjir selama 2 hari, Jumat (3/1/2020). KOMPAS.COM/VITORIO MANTALEANMobil-mobil warga Pondok Gede Permai, Jatiasih, Kota Bekasi yang bertumpukan usai dihanyutkan banjir selama 2 hari, Jumat (3/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bencana banjir yang terjadi di kawasan Jabodetabek dan beberapa wilayah di Jawa Barat dan Banten menimbulkan banyak kerugian materil.

Salah satunya adalah kerusakan pada bangunan dan kendaraan bermotor akibat tersapu atau tergenang banjir.

Nah, kalau kendaraan bermotor Anda rusak akibat banjir, cek lagi apakah mobil atau sepeda motor Anda diasuransikan.

Asuransi banjir yang merupakan produk perluasan (rider) dari produk asuransi keruugian dapat meminimalisir risiko yang Anda derita karena adanya bencana.

Bagaimana sebetulnya cara mengajukan klaim asuransi banjir? Caranya cukup mudah ternyata.

Baca juga: Pertimbangkan Ini Sebelum Klaim Asuransi Banjir

Sejumlah perusahaan asuransi memberikan kemudahan dalam pengajuan klaim, antara lain lewat call center, hingga aplikasi pesan singkat WhatsApp atau SMS.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau Asuransi Jasindo, misalnya, menawarkan berbagai cara untuk mengajukan klaim asuransi bagi mobil yang terkena dampak bencana banjir.

Dalam unggahan pada akun Instagram-nya seperti dikutip pada Rabu (8/1/2020), Asuransi Jasindo menyatakan, informasi dan proses klaim asuransi kendaraan bermotor dan harta benda lainnya akibat bencana banjir dapat menghubungi contact center 1500073.

Pengajuan klaim juga dapat dilakukan melalui WhatsApp atau SMS Center di nomor 0811-1664-000. Jam operasionalnya adalah pukul 07.00-20.00 WIB.

Pemegang polis juga dapat datang langsung ke claim center Asuransi Jasindo di Graha Menteng Raya - 21, Jalan Menteng Raya Nomor 21, Jakarta. Selain itu, dapat juga datang ke kantor cabang Asuransi Jasindo terdekat.

Baca juga: Simak, Cara Pilih Asuransi Banjir Berdasarkan Wilayah

Perseroan juga memberikan kiat-kiat penanganan pertama jika mobil terendam banjir.

Pertama, segera lepaskan kabel negatif aki. Kedua, jangan menyalakan mesin saat terendam air.

Kemudian, gunakan batu untuk mengganjal mobil. Selanjutnya, cek kondisi oli dan bahan bakar.

Terakhir, segera hubungi pihak yang dapat membantu, seperti bengkel atau asuransi.

Adapun PT Asuransi Adira Dinamika Tbk atau Adira Insurance juga menyediaan call center Adira Care 1500 456 yang menerima laporan klaim asuransi maupun permintaan bantuan evakuasi selama 24 jam.

Baca juga: Soal Klaim Asuransi Banjir untuk Kendaraan, Perhatikan Ini

Selain itu, untuk perluasan jaminan banjir terhadap kendaraan bermotor, Adira Insurance memiliki fasilitas towing car atau mobil derek, Emergency Road Assistance, serta ambulans yang siap membantu pelanggan dalam kondisi darurat di jalan.

"Adira Insurance siap memberikan pelayanan klaim maupun evakuasi Pelanggan. Khusus untuk
Pelanggan Autocillin dapat dengan mudah melakukan klaim menggunakan Autocillin Mobile
Claim Application," kata CEO Adira Insurance Julian Noor dalam keterangannya.

Julian mengatakan, pelanggan Autocillin cukup mengunggah foto kerusakan kendaraan dan
mengirimkan laporan kerusakan mobilnya melalui aplikasi tersebut.

Allianz Indonesia pun menerima klaim asuransi kendaraan yang mengalami kerusakan. Namun, perlu diperhatikan bahwa Allianz menerima laporan klaim maksimal 72 jam setelah peristiwa terjadi.

Baca juga: Klaim Banjir Anda Tak Diterima Asuransi? Mungkin Ini Penyebabnya

Adapun data yang harus dilampirkan adalah nomor polis asuransi, nama pemilik polis, merek kendaraan, nomor polis kendaraan, tanggal kejadian, tempat kejadian, kerugian benda, dan uraian singkat terjadinya kecelakaan atau kerugian.

Anda juga diminta untuk melengkapi dan menyerahkan dokumen-dokumen seperti formulir klaim (formulir dapat diminta), foto copy polis asuransi, foto copy SIM dan STNK, surat keterangan polisi setempat  untuk klaim kendaraan jika kehilangan perlengkapan standar/ non standar maupun kehilangan kendaraan dan juga jika kendaraan Anda mengalami rusak berat atau menyangkut pihak ketiga.

 

 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X