Terimbas Serangan Iran, Rupiah Ditutup Melemah

Kompas.com - 08/01/2020, 18:03 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot pada Rabu (8/1/2020) melemah.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 13.900 per dollar AS, melemah 22 poin atau sebesar 0,16 persen dibanding penutupan Selasa Rp 13.878 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menyebutkan, AS berencana menunda serangan lanjutan usai Iran menyerang pangkalan militer AS di Irak.

"AS tidak langsung membalas serangan. Selain itu, Iran juga dikabarkan memberikan penawaran ke AS untuk tidak membalas serangan dan Iran tidak akan melanjutkan serangan.Ini mendorong pelemahan rupiah menyusut sore ini," jelas Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Rupiah Perkasa Pasca Ketegangan AS dan Iran Mereda

Ariston mengatakan, sejauh ini pasar masih menunggu tindakan AS melalui pernyataan resmi Presiden AS  Donald Trump malam ini.

"Pasar menunggu pernyataan Presiden Trump yang akan berlangsung pagi hari waktu AS atau malam hari waktu Indonesia," sebutnya.

Ketegangan pasca serangan Iran ke markas militer AS di Irak sekaligus meruntuhkan saham-saham di Wall Street sekaligus membuat harga minya mentah dunia meroket. Disisi lain aset safe heaven bakal diburu investor.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X