Emas Dunia Turun Disebabkan Pernyataan Trump

Kompas.com - 09/01/2020, 09:15 WIB
Ilustrasi emas ShuterstockIlustrasi emas

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga emas dunia turun setelah Presiden Donald Trump mengatakan bahwa Iran "tampaknya akan mundur." Ucapan tersebut meredakan ketegangan di Timur Tengah yang menyebabkan harga emas menjadi turun.

Harga emas di pasar berjangka turun 0,9 persen menjadi 1.560,20 dollar per ounce. Penurunan tersebut mengakhiri reli harga emas selama 10 hari.

Trump mengatakan dalam pidatonya, serangan rudal Iran di pangkalan AS di Irak tidak meninggalkan korban jiwa. Pernyataan Trump meredakan ketegangan dengan Iran, yang sebelumnya melonjak setelah pembunuhan seorang jenderal besar, Qassem Soleimani.

Baca juga: Harga Emas Dunia Melonjak Setelah Iran Serang Pangkalan AS di Iran

"Penurunan haga emas adalah reaksi dari Trump yang berusaha meredakan ketegangan dengan Iran," kata Tai Wong, kepala perdagangan derivatif logam di BMO Capital Markets, dilansir dari Bloomberg, Kamis (9/1/2020)

Logam mulia sebelumnya naik di atas 1.600 dollar AS per ounce, yang memperpanjang kenaikannya ke level tertinggi dalam enam tahun.

Awal kenaikan emas tahun ini sendiri didorong oleh meningkatnya ketegangan di Timur Tengah. Selain itu, kenaikan emas juga disebabkan Federal Reserve melonggarkan kebijakannya tahun lalu.



Sumber Bloomberg
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X