Konsumsi BBM Naik 16 Persen Selama Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 09/01/2020, 09:58 WIB
Ilustrasi SPBU Modular di rest area tol. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEAIlustrasi SPBU Modular di rest area tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - Satgas Natal dan Tahun Baru (Nataru) PT Pertamina (Persero) hari ini, Kamis (8/1/2020), resmi ditutup dan tercatat kenaikan konsumsi BBM gasoline (Premium, Pertalite, dan Pertamax Series) wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat naik 16 persen.

Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami menjelaskan, wilayah Pertamina Marketing Operation Region (MOR) DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat mencatat kenaikan konsumsi tertinggi BBM untuk jenis gasoline (Premium, Pertalite, dan Pertamax Series) pada puncak Nataru (21 - 24 Desember 2019).

Kenaikan tersebut di masing-masing wilayah meningkat 16 persen dibanding konsumsi normal 27,9 ribu kiloliter (KL) per hari. Sementara pada arus balik, yakni 4 Januari 2020, tercatat kenaikan sebesar 9 persen.

“Berdasarkan tren Satgas Nataru tahun 2018, kami mengantisipasi kebutuhan konsumsi masyarakat terhadap BBM, LPG, maupun Avtur sesuai dengan mobilitas masyarakat terutama di wilayah Jawa bagian Barat,” kata Dewi melalui siaran resmi Pertamina.

Sementara itu, pada BBM jenis Gasoil (Solar dan Dex Series) naik 13 ersen pada 22 Desember 2019. Kenaikan ini merupakan yang tertinggi untuk Gasoil pada masa Satgas.

Pada arus balik, pengguna Gasoil tercatat naik signifikan pada puncak arus balik, yakni 7 Januari 2020, sebesar 10 persen atau sampai dengan 12.000 KL per hari.

Untuk konsumsi elpiji, Dewi mengungkapkan, konsumsi puncak terjadi pada 23 Desember 2019, ketika konsumsi elpiji subsidi 3 kilogram (kg) naik 25 persen menjadi 8.000 metrik ton (MT) per hari.

“Hal ini sudah kami persiapkan mengingat untuk kebutuhan masyarakat dalam memasak menjelang hari Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Untuk Avtur, kenaikan puncak terjadi pada 22 Desember 2019 dan 5 Januari 2020, saat masing-masing meningkat sebesar 9 persen dari konsumsi normal.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X