Kemenhub Alokasikan Rp 500 Miliar untuk Subsidi Penerbangan Perintis

Kompas.com - 09/01/2020, 15:56 WIB
Pesawat perintis di pedalaman Papua Fabio Maria Lopes CostaPesawat perintis di pedalaman Papua
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengalokasikan anggaran Rp 500 miliar untuk subsidi angkutan udara perintis penumpang, perintis kargo, angkutan udara kargo dan subsidi angkutan udara kargo pada 2020.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti mengatakan, sudah ada 82 persen kontrak angkutan udara perintis yang selesai hari ini. Sisanya akan menyusul sebelum 16 Januari 2020.

"Untuk angkutan udara perintis penumpang totalnya ada 182 rute," ujarnya di Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Baca juga: Konflik Iran-AS, Kemenhub Imbau Maskapai Tingkatkan Kewaspadaan

Hari ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melaksanakan penandatanganan dan penyerahan kontrak angkutan udara perintis penumpang, perintis kargo dan subsidi angkutan udara kargo dan subsidi angkutan udara kargo tahun 2020.

Polana mengatakan untuk angkutan perintis kargo telah dilaksanakan penandatangan perjanjian di Kalimantan, Sulawesi dan Papua sebanyak 27 rute.

Terkait rute penerbangan perintis, Polana mengatakan hampir sama dengan tahun sebelumnya. Namun ada penambahan 1 rute di Papua setelah adanya permintaan pemerintah daerah setempat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Erick Thohir Copot Komisaris Independen Pupuk Indonesia

Polana berharap dengan adanya pelaksanaan kerja sama ini bisa meningkatkan konektivitas di Indonesia terutama bisa melayani kebutuhan masyarakat dan para pelaksana bisa konsisten dengan apa yang tertulis dalam perjanjian.

"Ini kami lakukan sebagai perwujudan atas permintaan dan sejalan dengan program presiden untuk menyambungkan daerah-daerah terpencil, terluar, tertinggal dan perbatasan," kata dia.

Baca juga: Biar Paham, Ini Penjelasan soal Saham Gorengan



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.