Digandeng Kemendikbud, Netflix Investasi Rp 14 Miliar

Kompas.com - 09/01/2020, 17:02 WIB
Nadiem Anwar Makarim, Sheila Timothy, Kuek Yu Chuang dan sutradara Timo Tjahjanto saat jumpa pers di Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (9/1/2020).  KOMPAS.com/Revi C Rantung Nadiem Anwar Makarim, Sheila Timothy, Kuek Yu Chuang dan sutradara Timo Tjahjanto saat jumpa pers di Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (9/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Budaya menggandeng Netflix untuk mengadakan pelatihan penulis naskah.

"Partnership yang kita luncurkan hari ini adalah step awal yang memiliki fokus menunjukkan betapa hebatnya sineas Indonesia di kancah dunia," ucap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim di Kantor Kemendikbud Kamis (9/1/2020)

Nadiem berharap lewat Netflix, nantinya film-film Indonesia dapat didistribusikan dan tersebar ke audiens global.

"Ini bisa memamerkan budaya Indonesia, industri perfilman Indonesia. Dibutuhkan platform distribusi seperti Netflix," ucap Nadiem.

Baca juga: Pemerintah Batal Kejar Pajak Penghasilan Netflix dkk?

Nantinya Netflix dan Kemendikbud akan memilih 10 penulis naskah untuk mengikuti pelatihan di Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat pada bulan Maret 2020.

Selain itu nantinya di Indonesia Netflix juga akan mengadakan pelatihan untuk penulisan naskah di Indonesia untuk 100 orang.

Keseriusan Netflix terlihat dari nilai Investasi yang diberikan yaitu sebesar 1 juta dollar AS atau setara Rp 14 miliar melalui beberapa kegian inisiatif seperti pelatihan penulisan yang sudah disebutkan.

“Netflix sangat berbahagia mengetahui potensi besar yang dimiliki Indonesia untuk menghasilkan generasi penerus industri perfilman. Terlebih dengan semangat baru untuk mengembangkan dunia perfilman Indonesia dari pemerintah, kami percaya akan ada banyak cerita hebat yang dihasilkan dari Indonesia," ucap Managing Director, Netflix Asia Pacific, Kuek Yu-Chuang.

Baca juga: Netflix Tolak Dicaplok Jeff Bezos, Bagaimana Ceritanya?

Sebelumnya Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate meminta  Netflix, untuk memperbanyak film Indonesia di aplikasi mereka.

Hal ini untuk mendorong tumbuh kembang kreativitas di dalam negeri.

"Kepada Netflix tentu kita minta, tolong gunakan juga hasil dari kreativitas di dalam negeri, kan banyak yang bisa membuat film dalam negeri untuk diedarkan," kata Johnny di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (7/1/2020).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X