Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Mau Bentuk Holding Rumah Sakit

Kompas.com - 09/01/2020, 17:20 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana membentuk holding rumah sakit. Sebab, saat ini banyak perusahaan-perusahaan plat merah yang memiliki anak usaha yang beregerak di bidang pelayanan rumah sakit.

“Ya (akan dibentuk holding rumah sakit). Strukturnya masih dibahas, yang penting akan ada holding rumah sakit, pemiliknya nanti para BUMN yang punya rumah sakit,” ujar Erick di Kementeria Luar Negeri, Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Erick mengaku tak ingin lagi ada perusahaan BUMN membentuk anak usaha di luar dari inti bisnisnya. Atas dasar itu, nantinya rumah sakit milik BUMN hanya akan dikelola oleh satu perusahaan.

Baca juga: Erick Soal Jiwasraya: Pemerintah Tanggung Jawab, Tidak Melarikan Diri

“Bayangkan saja buat apa Pertamina misalnya fokus bisnis rumah sakit, padahal fokus utamanya Pertamina kan migas. Pertamina punya 25 sumur yang harus dieksplorasi. Lifting sekarang turun, nah hal-hal ini kita enggak mau auto fokus,” ucap dia.

Erick menambahkan, saat ini pendapatan rumah sakit-rumah sakit milik BUMN cukup besar. Jika dikelola dengan baik, maka pemasukannya akan lebih besar lagi.

“Rumah sakit BUMN sendiri kalau di revenue sekarang kalau dikonsolidasikan Rp 5 triliun. Nah ini kan cukup potensi, sayang kalau tidak difokuskan jadi expertise,” ucap dia.

Baca juga: Erick Thohir Soal BUMN Merugi: Masa Mati Segan Hidup Tak Mau?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com