Fokus Pasar Beralih dari Iran Vs AS, Rupiah Kembali Bangkit

Kompas.com - 09/01/2020, 17:35 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot pada Kamis (9/1/2020) kembali mengalami penguatan.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 13.854 per dollar AS atau menguat 46 poin sebesar 0,33 persen dibandingkan penutupan Senin Rp 13.900 per dollar AS.

Direktur PT Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi mengatakan penguatan rupiah secara eksternal terdampak dari meredanya konflik AS dan Iran, usai pernyataan Trump yang enggan melakukan pembalasan serupa.

Baca juga: Ditopang Trump dan Cadev, Rupiah Menguat

 

Di sisi lain investor masih wait and see terkait penandatanganan kssepakatan dagang antara AS dan China pekan depan.

"Keputusan Presiden AS untuk memilih sanksi daripada tanggapan militer membuat pasar kembai stabil," ujarnya.

"Fokus pasar akan beralih kembali ke ekonomi global, dengan harapan bahwa Amerika Serikat dan China akan menandatangani kesepakatan perdagangan minggu depan yang memberikan dukungan mendasar untuk aset berisiko," sambung Ibrahim.

Baca juga: Konflik Iran-AS, Kemenhub Imbau Maskapai Tingkatkan Kewaspadaan

Ibrahim menyebut, investor berpikir kesepakatan AS-China akan menghapus salah satu ketidakpastian terbesar dan membantu mendorong pertumbuhan global tahun ini, meskipun beberapa orang berpikir bahwa pandangan itu terlalu optimis.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menyebut sentimen positif juga datang dari konfirmasi China yang akan mengutus delegasinya untuk menandatangani kesepakatan dagang di Washington DC pekan depan.

"Sentimen positif juga datang dari konfirmasi China bahwa delegasi-nya akan datang ke AS untuk menandatangani kesepakatan dagang tanggal 15 Januari mendatang," jelasnya.

Baca juga: Analis: Harga Minyak Bisa Naik ke 100 Dollar AS Per Barrel jika Iran Blokir Selat Hormuz

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X