PT KAI-MRT Bentuk Perusahaan Patungan, Erick: Ini Arahan Presiden

Kompas.com - 10/01/2020, 10:48 WIB
Penandatanganan pembentukan perusahaan patungan antara Kementerian BUMN dan Pemprov DKI Jakarta di Jakarta, Jumat (10/1/2020). Kompas.com/AKHDI MARTIN PRATAMAPenandatanganan pembentukan perusahaan patungan antara Kementerian BUMN dan Pemprov DKI Jakarta di Jakarta, Jumat (10/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuat perusahaan patungan yang diberi nama PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek.

Nantinya, perusahaan itu akan bersama-sama mengelola 72 stasiun di Jabodetabek, membuat sistem kartu perjalanan yang mengintegrasikan antar moda dan mengembangkan empat stasiun menjadi Transport Oriented Development (TOD). Keempat stasiun tersebut, yakni Juanda, Tanah Abang, Pasar Senen dan Sudirman.

“Arahan Presiden (Jokowi) adalah untuk membentuk perusahaan yang mengelola moda transportasi publik yang terpadu dan terintegrasi,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Baca juga: MRT-KAI Bentuk Perusahaan Gabungan, Untuk Apa?

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengharapkan dengan adanya perusahaan patungan ini moda transportasi di Jakarta akan semakin baik ke depannya.

“Harapannya transportasi umum di Jakarta kelas dunia. Kita tidak ingin transportasi jadi yang dihindari,” kata Anies.

Anies menginginkan masyarakat lebih memilih menggunakan transportasi umum ketimbang kendaraan pribadi. Atas dasar itu, perlu adanya peningkatan fasilitas di moda transportasinya.

“Adanya transportasi ini juga menyatukan. Kalau bus, kereta, MRT, LRT, jabatan apapun sama. Kedudukan tidak menentukan tempat duduk. Presiden (saja) menggunakan KRL berdiri. Jadi ini bagi Jakarta penting untuk menyatukan,” ucap dia.

Dalam penadatangan kerja sama ini turut juga dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama ( Dirut) PT KAI Edi Sukmoro, Dirut PT MRT Jakarta William Sabandar, Dirut PT KCI Wiwik Widayanti, dan Dirut PT SMI (Persero) Edwin Syahruzad.

Baca juga: Erick Thohir Akan Rombak Jajaran Direksi PT KAI

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X