Kompas.com - 10/01/2020, 13:07 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya S saat meninjau jalur kereta di Stasiun Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (3/1/2020) KOMPAS.com/ BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA LADJARMenteri Perhubungan Budi Karya S saat meninjau jalur kereta di Stasiun Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (3/1/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan menyatakan adanya penurunan jumlah penumpang angkutan bus pada periode liburan natal dan tahun baru (Nataru) 2019-2020.

Tercatat pada periode Nataru 2019-2020 jumlah penumpang bus hanya mencapai 2,5 juta orang. Padahal, pada periode yang sama tahun sebelumnya jumlah penumpang mampu mencapai 3,3 juta orang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai peningkatan jumlah penumpang sejalan dengan perbaikan kualitas moda transportasi. Dengan demikian, kualitas pelayanan menjadi salah satu penyebab terjadinya penurunan penumpang bus.

"Makanya berulangkali saya ke Pulau Gebang itu untuk buat mereka (masyarakat) nyaman. Kalau mereka nyaman mereka pasti akan datang ke sana," ujarnya, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Baca juga: Kementerian BUMN Minta Garuda Segera Selesaikan Persoalan dengan Penumpang

Selain memperbaiki kualitas pelayanan di lokasi terminal, Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II itu juga mendorong pengembangan sistem pemesanan tiket online.

"Saya  cerewet soal itu karena detail yang dirasakan masyarakat, kalau tidak baik menjadi masalah," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, perbaikan hingga mulai beroperasinya ruas tol juga dinilai mendorong masyarakat untuk menggunaan kendaraan pribadi.

Namun, Budi berharap bahwa masyarakat akan tetap menggunakan transportasi umum meski pembangunan ruas tol terus dimaksimalkan. Karenanya perbaikan kualitas pelayanan bus harus terus dilakukan.

"Kalau sekarang ini kan Pulau Gebang belum maksimal dan terminal-terminal di sana juga belum berfungsi maksimal. Karenanya kita spending uang di terminal itu, mengharuskan busnya bagus, dan ticketing," ucap Budi.

Baca juga: Jumlah Penumpang Pesawat Anjlok pada Periode Natal dan Tahun Baru 2020

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.