Sebelum Mari Elka, Ini Jejak Sri Mulyani Jadi Direktur Pelaksana Bank Dunia...

Kompas.com - 10/01/2020, 13:26 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ketika melakukan monolog dalam peringatan Hari Ibu di Jakarta, Minggu (22/12/2019) KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIAMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ketika melakukan monolog dalam peringatan Hari Ibu di Jakarta, Minggu (22/12/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan dan Menteri Pariwisata era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Mari Elka Pangestu baru saja ditunjuk oleh Presiden Bank Dunia David Malpass untuk menjabat sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan untuk Bank Dunia.

Sebelum Mari Elka, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga sempat menduduki posisi Direktur Pelaksana sekaligus Chief Operating Officer di Bank Dunia dari 2010 hingga 2016. Dengan posisi tersebut, Sri Mulyani kala itu bertanggung jawab atas operasional institusi internasional tersebut di seluruh dunia.

Dikutip dari laman resmi Bank Dunia, tugas Sri Mulyani kala itu adalah menjalin kerja sama dengan negara-negara klien dan negara-negara anggota untuk menempatkan strategi operasional yang sesuai untuk mengatasi tantangan pembangunan baru dan gigih dalam mendukung tujuan Bank Dunia untuk mengakhiri kemiskinan dan mempromosikan kemakmuran bersama.

Baca juga: Mari Elka Pangestu, Menteri Era SBY yang Jadi Petinggi Bank Dunia

Dia juga bertanggung jawab untuk arah dan kebijakan kerangka kerja strategis dari Dana Bank untuk yang Termiskin, IDA, salah satu sumber bantuan terbesar bantuan 77 negara termiskin di dunia.

Dia juga memimpin Dewan Penasehat Kelompok Bank Dunia tentang Gender dan Pembangunan, yang menyatukan para pemimpin global dan ahli tentang isu-isu gender, termasuk dari sektor swasta.

Hingga akhirnya, Sri Mulyani kembali mengemban posisi sebagai Menteri Keuangan lantaran diminta oleh Presiden Joko Widodo pada 2016 lalu.

Baca juga: Mari Elka Pangestu Jadi Direktur Pelaksana Bank Dunia

Adapun penunjukan Mari Elka Pangestu sebagai Direktur Pelaksana lantaran Bank Dunia menilai Mari memiliki keahlian di bidang manajemen dan kebijakan yang luar biasa dengan pengalamannya selama menjadi Menteri Perdagangan (2004-2011).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X