Erick Thohir Janji Tak Akan Gonta-ganti Bos BUMN

Kompas.com - 10/01/2020, 13:36 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan kepada awak media usai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam peresmian implementasi B30, di SPBU MT Haryono, Jakarta, Senin (23/12/2019). KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIMenteri BUMN Erick Thohir menjelaskan kepada awak media usai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam peresmian implementasi B30, di SPBU MT Haryono, Jakarta, Senin (23/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Erick Thohir berjanji tidak akan gonta-ganti jajaran direksi perusahaan pelat merah di eranya.

Atas dasar itu, siapa pun yang terpilih menjadi bos di perusahaan BUMN harus memilik akhlak, loyalitas dan kerja sama tim yang baik.

Direksi dan komisaris (BUMN) tidak gonta-ganti nantinya. Kan mana ada kestabilan kalau pimpinan gonta ganti tiap tahun,” ujar Erick di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Baca juga: Erick Thohir Ancam Copot Direksi BUMN yang Sulap Laporan Keuangan

Erick mengaku telah membuat key performance indicator (KPI) bagi setiap direksi BUMN. Hal tersebut jadi pedoman dia dalam penilaian kinerja para direksi.

“Kalau bisa selesaikan. Kenapa tidak selesai? Pasti ada catatan apakah KPI tidak tercapai atau ada penyalahan good corporate governance,” kata Erick.

Erick menjelasan, dirinya baru akan mencopot jajaran direksi jika melakukan suatu hal yang fatal. Misalnya melakukan pemolesan laporan keuangan perusahaan.

“Yang sering terjadi di BUMN saat ini adalah window dressing laporan keuangan yang bisa masuk tindakan kriminal. Terlebih jika window dressing itu kelihatan untung, tapi tidak ada cash dan hanya ada untuk gaji dan bonus,” ucap dia.

Baca juga: Erick Thohir Mau Bikin Deputi Khusus untuk Pelototi Laporan Keuangan BUMN

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X