Ini Harapan BI ke Mari Pangestu yang Diangkat Menjadi Direktur Bank Dunia

Kompas.com - 10/01/2020, 14:53 WIB
Mari Elka Pangestu KOMPAS/AGUS SUSANTOMari Elka Pangestu

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo memberikan ucapan selamat kepada Mari Pangestu yang akan menjabat sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan untuk Bank Dunia.

Dia menilai Mari Pangestu sebagai sosok yang bakal membawa angin segara terhadap negara berkembang, salah satunya Indonesia.

"Selamat kepada Ibu Mari Pangestu, yang dipilih menjadi managing director di World Bank. Saya kenal betul dengan Ibu Mari dan atas nama pribadi maupun Bank Indonesia saya ucapkan selamat. Insha Allah ini akan membawa kebaikan, tidak hanya kepada Bank Indonesia tapi juga bagi emerging market," ucapnya ketika ditemui di Kompleks BI, Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Perry memastikan, di tangan Mari, Indonesia akan tertangani dengan baik. Apalagi, tugasnya nanti berkaitan dengan kebijakan-kebijakan suatu negara.

"Beliau juga akan menangani development policy pembangunan yang akan baik untuk emerging market, termasuk Indonesia," katanya.

Baca juga: Sebelum Mari Elka, Ini Jejak Sri Mulyani Jadi Direktur Pelaksana Bank Dunia...

Presiden Bank Dunia, Kamis (9/1/2020), mengumumkan penunjukan Mari Pangestu sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan untuk Bank Dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari keterangan di laman resminya, Bank Dunia menilai Mari memiliki keahlian di bidang manajemen dan kebijakan yang luar biasa dengan pengalamannya selama menjadi Menteri Perdagangan (2004-2011).

Mari juga merupakan Menteri Pariwisata pada 2011 hingga Oktober 2014 atau pada era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Mari akan mulai aktif berkantor di Washington pada 3 Maret 2020.

"Kami sangat senang untuk menyambut Mari dengan peran barunya yang sangat penting bagi institusi ini," ujar Presiden Bank Dunia David Malpass, Jumat (10/1/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.