5 Fakta soal Orang Terkaya Afrika Pemborong 10.000 Mobil Desa Indonesia

Kompas.com - 10/01/2020, 16:39 WIB
Aliko Dangote, orang terkaya di Afrika ForbesAliko Dangote, orang terkaya di Afrika

JAKARTA, KOMPAS.com - Aliko Dangote yang merupakan pria terkaya asal benua Afrika ternyata membeli mobil desa buatan Indonesia yaitu,  Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) sebanyak 10.000 unit.

Melalui Dangote Group, pria yang menurut Forbes ini memiliki kekayaan 8,9 miliar dollar AS tersebut berencana untuk mengimpor 10.000 unit mobil desa buatan Indonesia untuk dipasarkan di negara asalnya, Nigeria.

Bagi yang penasaran, simak 5 fakta menari Aliko Dangote seperti yang dilansir dari britannica;

1. Terlahir dari keluarga pedagang

Alhaji Aliko Dangote, yang berasal dari etnis Hausa di Nigeria, ternyata dibesarkan oleh kakek dan neneknya.

Leluhur Aliko sendiri ternyata terkenal sebagai pedagang karavan yang makmur di bawah pemerintahan kolonial Inggris. Sementara kakeknya, Alhaji Sanusi Dantata, seorang pedagang komoditas kondang di Afrika Barat, yang menginspirasi semangat kewirausahaan pada Aliko.

Baca juga: Ini Mobil Desa AMMDes yang Menarik Perhatian Pengusaha Terkaya di Afrika

2. Belajar berdagang dari kecil

Sejak kecil Aliko Dangote sendiri sudah tertarik dengan dunia bisnis. Semasa kecilnya dirinya gemar membeli sejumlah permen dan menjualnya kembali untuk menghasilkan keuntungan.

Aliko juga berhasil menyelesaikan kuliahnya di jurusan Studi dan Administrasi Bisnis di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

3. Mulai bisnis dengan meminjam uang

Setelah menyelesaikan studinya Aliko pada tahun 1977 memulai bisnisnya dengan diberi pinjaman oleh pamannya sebagai modal.

Aliko sendiri pertama kali berkecimpung di dunia komoditas dan semen. Pada 1981 perusahaannya sangat sukses sehingga bisnisnya berkemabanh dan mendirikan Grup Dangote, yang saat ini telah merambah dunia makanan, termasuk pasta, gula, garam, dan gandum sampai pada industri manufaktur.

Baca juga: Ini Profil Orang Terkaya Afrika yang Borong 10.000 Mobil Desa Indonesia

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X