Konflik Iran-AS Mereda, Rupiah Ditutup Perkasa di Akhir Pekan

Kompas.com - 10/01/2020, 17:33 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS perkasa pada penutupan perdagangan di pasar spot pada Jumat (10/1/2020) .

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup Rp 13.772 per dollar AS atau menguat sangat signifikan sebesar 82 poin atau 0,60 persen dibanding penutupan Kamis Rp 13.854 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, penguatan rupiah terdorong sentimen alih fokus dari konflik AS dan Iran ke rencana penandatanganan kesepakatan dagang AS dan China.

Baca juga: Harga Minyak Terus Turun setelah Konflik AS dan Iran Mereda

"Penguatan rupiah ini didukung oleh prospek membaiknya hubungan dagang AS dan China, yang mendorong pertumbuhan ekonomi global," kata Ariston kepada Kompas.com.

Direktur PT Garuda Berjangka, Ibrahim juga menyebutkan konflik AS dan Iran yang mereda dengan menghentikan konfrontasi pertempuran mendorong sentimen positif pada rupiah.

"Prospek perang di Timur Tengah surut pada hari Rabu ketika Amerika Serikat dan Iran mundur dari konfrontasi lebih lanjut," kata Ibrahim.

Ibrahim menjelaskan gejolak geopolitik akan memberikan pengaruh dalam jangka pendek. Meski demikian, otoritas moneter akan terus memantau perkembangan global.

Baca juga: BI Sebut Dampak Gejolak Iran Vs AS Tak Signifikan ke Rupiah

Ia menilai, pelaku pasar sedang sedang penandatanganan kesepakatan dagangan fase pertama antara Amerika Serikat dengan China yang akan diteken pekan depan.

Di sisi lain, Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi global tahun 2020 akan tumbuh 3 persen sampai 3,1 persen atau meningkat dari 2,9 persen.

"Dengan membaiknya ekonomi global membawa berkah terhadap perekonomian dalam negeri di mana mata uang garuda diawal tahun 2020 menjadi mata uang terbaik di Asia," kata dia.

Hal ini dinilai sebagai momen yang baik yang bisa membuat modal asing terus masuk ke pasar dalam negeri.

Baca juga: BEI: Investor Asing Tak Terpengaruh Isu Saham Gorengan Jiwasraya

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X