JICA Siap Bantu Pemerintah Danai Proyek MRT di Beberapa Kota

Kompas.com - 10/01/2020, 19:17 WIB
Aktivitas pekerja menyelesaikan pengerjaan proyek pengeboran terowongan untuk angkutan massal cepat (Mass Rapid Transit/MRT) di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Kamis (24/11/2016). Pengerjaan proyek MRT fase pertama ini diperkirakan rampung pada tahun 2018. KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGAktivitas pekerja menyelesaikan pengerjaan proyek pengeboran terowongan untuk angkutan massal cepat (Mass Rapid Transit/MRT) di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Kamis (24/11/2016). Pengerjaan proyek MRT fase pertama ini diperkirakan rampung pada tahun 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency atau JICA siap membantu pembiayaan pembangunan MRT di kota-kota selain Jakarta.

Sebagaimana diketahui, pemerintah berencana membangun MRT sebagai opsi tambahan angkutan umum di beberapa kota.

Kepala Perwakilan Kantor JICA Indonesia Shinichi Yamanaka mengaku siap memberikan pendanaan terhadap proyek pembangunan MRT di beberapa kota.

"Jika kita mendapatkan permintaan dari pemerintah Indonesia, kita siap untuk mempertimbangkan untuk bekerja sama di kota lain," ujarnya, di Stasiun ASEAN, Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Kesiapan ini disampaikan oleh Shinichi setelah melihat keberhasilan pembangunan MRT fase I dan pembangunan MRT fase II yang berjalan dengan cepat.

"Kami siap karena kesuksesan MRT di Jakarta," kata dia.

Baca juga: Pembangunan Rute MRT Bundaran HI - Harmoni Mulai Dikerjakan Maret

JICA sendiri menjadi sumber tunggal Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengembangkan MRT. Pada pembangunan MRT fase pertama JICA mengucurkan pinjaman sebesar Rp 14,2 triliun dengan total jangka waktu pinjaman selama 40 tahun.

Kemudian JICA kembali membiayai DKI Jakarta untuk membangun MRT fase II yang memakan biaya Rp 22,5 triliun.

Keberhasilan operasional MRT Jakarta mendorong pemerintah untuk melakukan hal serupa di beberapa kota besar. Salah satunya di calon ibu kota baru, Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Bukan hanya pemerintah pusat, beberapa kota lain juga berencana untuk menyiapkan MRT. Salah satunya di Surabaya, yang telah menyelesaikan proses kajian sejak tahun lalu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X