3 Alasan Menentukan "Pricing" Menjadi Penting untuk Memulai Bisnis.

Kompas.com - 10/01/2020, 20:00 WIB
Ilustrasi Getty Images/iStockphoto/LightFieldStudiosIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat kita memulai bisnis apapun, menentukan harga atau "pricing" menjadi penentuan terkahir dalam rancangan bisnis Anda.

Ada yang beranggapan bahwa harga bukanlah pertimbangan yang penting untuk bisnis baru. Kebanyakan berpendapat bahwa harga hanyalah perhitungan biaya produksi ditambah margin. Atau harga hanya sebatas persaingan bisnis.

Dilansir dari The Enterpreneur, Jumat (10/1/2020), berikut ini cara menentukan harga untuk bisnis baru.

1. Harga adalah keuntungan pelanggan

Kebanyakan dalam memulai bisnis banyak orang hanya memikirkan margin dan untungnya dalam menetapkan harga. Seringkali lupa memikirkan apakah harga barang yang kita berikan menguntungkan bagi calon pembeli.

Hal seperti itu biasa akan membuat pelanggan merasa harga yang anda tawarkan untuk produk Anda tidak menguntungkan bagi mereka. Misalnya saja dalam membeli tas atau baju para pembeli biasa akan rela membeli dengan harga yang lebih mahal jika Anda dapat menjamin barang yang dibeli original dan bukan mitasi.

Baca juga: Berbisnis Hampir Mirip dengan Main "Game," Kenapa Begitu?

Untuk itu dalam menentukan harga pastikan dulu barang anda memiliki keuntungan bagi pembeli atau tidak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Harga adalah informasi untuk pelanggan.

Menentukan harga bukan hanya sekedar angka. Namun harga juga harus dapat menyampaikan informasi mengenai produk yang akan dijual.

Harga yang lebih tinggi biasanya pembeli akan berhadap produk yang akan dibeli memiliki kualitas yang lebih bagus. Namun jika produk yang harusnya berharga mahal kemudian diturunkan nilainya maka calon pembeli biasanya akan menaruh curiga besar mengenai kualitasnya.

Misalnya saja harga iPhone 11 yang harusnya Rp 13 juta kemudian tiba-tiba dibanderol harga Rp 6 juta otomatis orang akan mempertanyakan produk yang anda jual.

Lantas, apakah menurunkan harga itu salah? tidak salah asalkan nilai diturunkan masih wajar dan tidak membuat pembeli bingung.

3. Harga ditentukan oleh pembeli

Prinsipnya dalam bisnis harga ditentukan bukan dari diri Sendiri namun pasar. Harga yang terlalu tinggi akan mengurangi penjualan dan laba, tetapi demikian juga harga yang terlalu rendah dapat menaruh kecurigaan.

Harga yang tepat didasarkan pada nilai yang diharapkan pembeli ketika berbelanja, dan biasanya pembeli tidak memperdulikan harga yang anda tawarkan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.