Luhut Soal Mari Pangestu: Dia yang Terbaik, Presiden yang Usulkan

Kompas.com - 10/01/2020, 20:22 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut B Pandjaitan sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat setingkat menteri. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOMenteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut B Pandjaitan sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat setingkat menteri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melayangkan pujian kepada Mari Elka Pangestu yang terpilih sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Meski begitu, Luhut mengungkapkan ada peran Presiden Jokowi di balik majunya Mari Elka Pangestu jadi pimpinan Bank Dunia.

"Bagus-bagus kan yang seleksi orang World Bank. Dia (Mari) yang terbaik, yang terpilih. (Tetapi) Presiden yang usulkan," ujarnya di Kantor Kemenko Maritim dan Investasi, Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Baca juga: Saat Sri Mulyani Ucapkan Selamat ke Mari Elka yang Jadi Direktur Pelaksana Bank Dunia...

Pada Oktober 2019 lalu, kabar Mari Elka Pangestu ke Bank Dunia datang langsung dari Luhut. Saat itu Luhut mengatakan, Presiden Joko Widodo mencalonkan Marie duduk dalam pimpinan Bank Dunia.

Mari Elka Pangestu adalah Menteri Perdagangan masa jabatan 2004-2011 dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 2011-2014.

Saat itu Luhut juga mengatakan, Indonesia kurang agresif mencalonkan putra atau putri terbaik bangsa duduk sebagai wakil Indonesia di lembaga-lembaga besar dunia, termasuk di Bank Dunia.

Baca juga: 3 Alasan Menentukan Pricing Menjadi Penting untuk Memulai Bisnis.

Hal ini membuat jumlah putra atau putri terbaik Indonesia yang mendapatkan kesempatan duduk dalam kursi pimpinan lembaga internasional, sangat sedikit.

Padahal kata Luhut, sosok seperti Mari Elka Pangestu adalah anak bangsa yang bisa memenuhi kualifikasi sebagai pimpinan lembaga keuangan dunia sekelas Bank Dunia.

Bahkan ucap Luhut, Presiden Jokowi turun tangan langsung mempromosikan putra dan putri terbaik Indonesia untuk masuk jadi pimpinan lembaga internasional.

“Ke depan Presiden mengatakan demikian, kalau perlu Presiden akan menelepon sendiri kepada organisasi itu untuk mengkonsider calon Indonesia masuk Bank Dunia,” kata Luhut saat itu.

Sementara itu, pujian juga disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo. Dia pun memberikan ucapan selamat kepada Mari Pangestu atas jabatannya yang barunya.

Baca juga: Ini Harapan BI ke Mari Pangestu yang Diangkat Menjadi Direktur Bank Dunia

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X