Madrasah Ini Terapkan Pembayaran SPP Pakai QRIS

Kompas.com - 11/01/2020, 14:03 WIB
Madrasah Miftahul Akhlaqiyah, sekolah pertama di Indonesia yang menerapkan transaksi pembayaran non tunai melalui QRIS, Semarang, Sabtu (11/1/2020). Dokumetasi GoPayMadrasah Miftahul Akhlaqiyah, sekolah pertama di Indonesia yang menerapkan transaksi pembayaran non tunai melalui QRIS, Semarang, Sabtu (11/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Madrasah Miftahul Akhlaqiyah Semarang menerapkan pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) non tunai melalui QR Code Indonesian Standard (QRIS).

GoPay Indonesia menyebut, Madrasah Miftahul Akhlaqiyah merupakan sekolah pertama yang menerapkan QRIS di Indonesia.

"Sekarang wakil dan orang tua murid dapat membayar administrasi sekolah dengan GoPay dan juga uang elektronik lain," ujar ujar Head of Corporate Communications GoPay Indonesia, Winny Triswandhani dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jakarta, Sabtu (11/1/2020).

Baca juga: Bayar Nontunai Wajib Pakai QRIS Mulai 1 Januari 2020, Ini 4 Keuntungannya

Winny mengatakan, sekolah tersebut berinisiatif menggunakan metode transfer sesama pengguna e-money untuk mempermudah para orang tua murid membayar biaya registrasi siswa baru.

Sementara itu Kepala MI Miftahul Akhlaqiyah Miftahul Arief mengatakan, proses pengajuan QRIS ternyata cukup mudah. Sebab ia mengatakan ada bantuan dari GoPay.

Sebelumnya, madrasah ini menggunakan fitur transfer sesama pengguna.

Arief berharap, langkah go digital dapat menginspirasi madrasah lainnya karena menghemat waktu dan tentunya mempermudah orang tua murid membayar iuran yang berkaitan dengan keperluan belajar.

"Ketika semua dokumen yang diperlukan sudah lengkap, kami dibantu pihak GoPay untuk pengajuan QRIS. Sebagai MI pertama yang memiliki QRIS, kami dapat menerima pembayaran dari berbagai uang elektronik dengan satu kode QR,” ujar Arief.

Baca juga: Sudah Masuk 2020, Bagaimana Implementasi Wajib QRIS?

Sebelumnya, Bank Indonesia meluncurkan standar QR Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking yang disebut QR Code Indonesian Standard (QRIS).

Implementasi QRIS secara nasional efektif berlaku mulai 1 Januari 2020. Para Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) diharapkan bisa menerapkan QRIS.

Peluncuran QRIS merupakan salah satu implementasi Visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025, yang telah dicanangkan pada Mei 2019 lalu.

Baca juga: Heboh Kasus MeMiles, Ini 6 Cara agar Terhindar dari Investasi Bodong

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X