Biar Lancar, Siapkan Anggaran ini Saat Hamil

Kompas.com - 12/01/2020, 08:24 WIB
Ilustrasi hamil ShutterstockIlustrasi hamil

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pasangan yang telah berstatus menikah pasti merasakan bahagia ketika mendapatkan kabar kehamilan.

Memasuki masa-masa tersebut, biasanya calon orangtua akan mulai menyusun persiapan kedatangan si buah hati hingga mencari nama-nama yang hendak diberikan.

Meski tengah berbahagia, jangan sampai rencana untuk masa depan si kecil menjadi sedikit terabaikan. Jika Anda sedang menunggu kelahiran sang buah hati, mulailah membuat rencana yang berhubungan dengan finansial agar masa depan buah hati semakin terjamin.

Baca juga: Ingin Anak Jadi Pebisnis Sukses? Ini 4 Tips dari Ibunda Elon Musk

Lalu, apa saja rencana yang berkaitan dengan keuangan ketika memasuki masa kehamilan?

Biar segala urusan lancar, siapkan anggaran ini saat hamil seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Anggaran untuk rencanakan kebutuhan anak secara rinci

Sejak memasuki masa kehamilan, mulailah membuat daftar kebutuhan calon momongan Anda. Seperti saat mengelola pengeluaran rutin, membuat daftar keperluan anak pun harus sesuai dengan urutan prioritas kebutuhan Anda.

Tujuannya tentu agar kebutuhan penting tidak sampai terlewatkan, sekaligus menghindari membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Di samping membuat daftar kebutuhan berdasarkan tingkat prioritasnya, Anda juga dapat menyusunnya kebutuhan anak sesuai usianya. Hal ini bisa Anda lakukan agar pemenuhannya dapat dilakukan di waktu yang tepat.

Sebagai contoh, Anda dapat mengelompokkan kebutuhan ketika anak baru lahir, berusia enam bulan, satu tahun, dan seterusnya. Pemenuhan kebutuhan sesuai usia seperti ini tentu harus didasarkan pada hal-hal apa saja yang diperlukan di tahap tumbuh kembang si anak.

Baca juga: Hari Ibu, Sri Mulyani Kisahkan Cerita Sang Ibu Besarkan 10 Anak

2. Persiapkan anggaran untuk asuransi kesehatan anak

Merencanakan asuransi tentu akan lebih baik dilakukan sesaat setelah mengetahui kabar kehamilan. Di antara banyaknya pilihan asuransi, luangkan waktu Anda untuk mencari informasi lengkap dari beberapa layanan tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X