Siapa Bilang Bekerja Sambil Berbisnis Itu Sulit? Ikuti Cara Ini

Kompas.com - 12/01/2020, 12:48 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengandalkan gaji dari kantor saja rasanya sangat berat bila biaya untuk memenuhi kebutuhan pokok saja terasa sulit. Apalagi jika harga kebutuhan pokok itu semakin melambung tinggi.

Maka dari itu, banyak orang yang pilih membuka bisnis sampingan demi menambah pemasukan. Namun, waktu yang terbatas membuat pengelolaan bisnis kurang maksimal, karena Anda harus tetap fokus pada pekerjaan kantor.

But, nothing’s impossible.

Baca juga: Ingin Memulai Bisnis di 2020? Simak 5 Tips Berikut Terlebih Dahulu

Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin, karena Anda bisa membuka bisnis tanpa harus mengganggu pekerjaan di kantor asal mau menerapkan tips-tips berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Catat Semua Waktu Luang yang Ada

Tak sedikit orang yang memilih mundur setelah satu atau dua bulan menjalankan bisnis. Bukan tanpa alasan, karena mereka merasa tak punya waktu untuk mengurus bisnisnya.

Padahal mereka bisa memanfaatkan sisa waktu setelah bekerja atau weekend untuk berbisnis. Agar hal seperti ini tidak menimpa Anda, sebaiknya catat semua waktu luang secara detil.

Tidak harus lama, 2-3 jam per hari saja sudah cukup untuk mengawasi perkembangan bisnis milik Anda. Selebihnya, Anda bisa meminta bantuan orang tua atau saudara untuk mengurus bisnis, terutama masih terikat pekerjaan di kantor.

Baca juga: 3 Kebaikan Yang Bisa Buat Bisnis Online Kamu Laris Manis

2. Perhatikan dan Pilih Bisnis yang Sesuai

Bisnis yang ada di sekitar Anda sangat beragam. Ada bisnis kuliner, sektor jasa, dan online shop. Identifikasi bisnis yang paling sesuai dengan kemampuan dan karakteristik Anda.

Jika Anda mahir dalam bidang pemasaran, maka bisnis online shop akan sangat cocok untuk digeluti. Sedangkan yang pintar memasak bisa menggeluti bisnis kuliner, dan lainnya.

Ketika bisnis yang dipilih sesuai kemampuan, Anda pasti lebih mudah untuk menjalankan bisnis tersebut. Bahkan masalah yang terjadi pada bisnis juga gampang diselesaikan karena Anda mampu mengidentifikasi penyebab masalah dan menemukan solusinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X