Ini 3 Strategi Produktif ala Jeff Bezos

Kompas.com - 13/01/2020, 14:00 WIB
Bos Amazon Richard Brian/ReutersBos Amazon

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa tak mengenal Jeff Bezos yang saat ini dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia, sekaligus CEO Amazon?

Melihat kesuksesannya, mungkin kita berpikir bahwa Bezos sangat bekerja keras, seperti kurang tidur, rapat, dan menghabiskan waktunya hanya bekerja.

Namun, nyatanya Bezos sendiri mengatakan untuk sukses dirinya tak bekerja secara keras. Cukup memiliki strategi dan pola hidup yang baik, hal itu membuatnya produktif hingga saat ini.

Dikutip dari Inc.com, Senin (13/1/2020), berikut ini tiga kuncinya untuk menjadi produktif:

1. Tidur yang cukup

Selama bertahun-tahun, studi telah menunjukkan bahwa tidur yang baik membantu kita untuk berpikir jernih dalam mengelola informasi dan mengambil keputusan.

Menurut The National Sleep Foundation, ketika seseorang tidak bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, hal itu dapat merusak pikiran orang yang bersangkutan.

Baca juga: Satu Ide Sederhana Ini Mampu Melejitkan Bisnis Amazon

Bezos mengatakan, dia salah satu orang yang percaya bahwa tidur lebih awal dan minimal 8 jam membantunya berpikir jernih.

"Aku berpikir lebih baik, aku punya lebih banyak energi, suasana hatiku lebih baik," katanya.

2. Tak perlu datang begitu pagi

Bagi setiap orang, memulai pekerjaan di pagi hari adalah jam terbaik untuk produktif. Namun, berbeda dengan Bezos yang percaya bahwa produktif tak selamanya harus pagi-pagi.

"Bermain-main di pagi hari - membaca koran, minum secangkir kopi, dan sarapan bersama anak-anak - itu yang saya lakukan," ucapnya.

Bezos mengatakan bahwa pagi hari adalah waktu yang cocok untuk melakukan aktivitas yang disenangi, sebab pikiran akan lebih fresh ketika memasuki siang hari.

Untuk Bezos, waktu yang tepat memulai bekerja adalah mulai pukul 10 pagi. Dia mengatakan, itu membantu dirinya dan perusahaan bisa lebih inovatif.

3. Harus membuat keputusan yang cepat

Sebagai seorang eksekutif senior, Bezos mengatakan bahwa pekerjaan utamanya adalah membuat sejumlah keputusan berkualitas tinggi.

Bezos mengatakan, bagi bisnis, mengambil keputusan dengan cepat adalah hal yang bagus, sebab di era persaingan saat ini semua perusahaan harus cepat menentukan arahnya.

Dia sendiri mengakui memang tak mudah mengambil keputusan setiap harinya, apalagi untuk perusahaan besar. Namun, dia selalu mengusahakan perusahaan dapat menentukan sikap dengan cepat.

"Anda harus entah bagaimana membuat keputusan yang berkualitas tinggi, kecepatan tinggi. Mudah bagi start-up dan sangat menantang bagi organisasi besar. Tim senior di Amazon bertekad untuk menjaga kecepatan pengambilan keputusan kami tetap tinggi. Kecepatan penting dalam bisnis - ditambah lingkungan pengambilan keputusan dengan kecepatan tinggi juga lebih menyenangkan," ucap Bezos.

Bezos mengatakan, membuat beberapa keputusan penting akan membuat Amazon dan usaha-usaha lainnya bergerak maju.

"Meskipun Amazon adalah perusahaan besar, saya ingin memiliki hati dan semangat perusahaan kecil," katanya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X