Simak, 3 Kesalahan Keuangan yang Harus Dihindari di Usia 30-an

Kompas.com - 13/01/2020, 16:44 WIB
Ilustrasi investasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi investasi.

NEW YORK, KOMPAS.com - Keputusan keuangan yang Anda buat di usia 30-an, sadar atau tidak, dapat memberikan dampak besar terhadap masa depan Anda.

"Uang hanyalah alat. Ketika kita belajar untuk menggunakan uang secara bijak, maka kita dapat menjalani hidup sesuai yang kita inginkan," kata perencana keuangan bersertifikat Marguerita Cheng seperti dikutip dari CNBC, Senin (13/1/2020).

Agar masa depan Anda cerah, maka ada beberapa kesalahan keuangan yang harus Anda hindari di usia 30-an. Apa saja? Berikut uraiannya.

1. Tidak menyusun tujuan keuangan

Jika Anda sama sekali belum menyusun tujuan keuangan, maka usia 30-an adalah saat yang tepat untuk menyusun rencana keuangan jangka pendek maupun jangka panjang. Hal ini diungkapkan oleh Ryan Marshall, perencana keuangan bersertifikat di Ela Financial Group.

"Hampir setiap orang berusia 60 tahun yang saya temui berharap dapat mulai memikirkan tentang pensiun atau tujuan keuangan ketika mereka berusia 30-an atau lebih muda," kata Marshall.

Baca juga: 4 Kesalahan Keuangan Paling Umum yang Kerap Tak Disadari

Adapun Douglas Boneparth, presiden dan pendiri Bone Fide Wealth mengungkapkan, usia 30-an adalah saat yang tepat untuk merencanakan keuangan, baik jika Anda ingin menabung untuk pensiun, menciptakan dana darurat, atau membeli rumah.

"Tidak menyusun tujuan-tujuan (keuangan) adalah kesalahan terbesar yang dibuat seseorang di usia 30-an, karena menyusun tujuan keuangan membutuhkan arag keuangan dan menciptakan linimasa untuk mencapai hal-hal baik dalam hidup, seperti kemerdekaan finansial, membeli rumah, memiliki anak, dan memulai bisnis," ungkap Boneparth.

2. Tidak menabung untuk pensiun

Sejumlah pakar keuangan berulang kali menekankan pentingnya menabung untuk pensiun sejak dini.

Perlu diingat bahwa Anda tidak bisa mengulang waktu dalam hal menyisihkan penghasilan untuk masa depan Anda.

"Anda tidak bisa membalikkan waktu dalam hal menyisihkan (penghasilan) untuk masa depan. Jadi, ini adalah kesalahan yang harus Anda hindari," sebut Kaleb Paddock, perencana keuangan bersertifikat di Ten Talents Financial Planning.

Halaman:


Sumber CNBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X