Perang Dagang, Ini Isi Kesepakatan AS-China Fase I

Kompas.com - 14/01/2020, 13:09 WIB
Ilustrasi perang dagang shutterstock.comIlustrasi perang dagang

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Perang dagang Amerika Serikat ( AS) dan China bakal mereda seiring dengan penandatangan kesepakatan fase I antara kedua negara ini.

Negosiasi yang intens antara dua dengan ekonomi terbesar di dunia itu akan diakhiri dengan penandatanganan kesepakatan tahap satu, Rabu (15/1/2020).

Mengutip CNBC,Selasa (14/1/2020) berdasarkan dokumen Perwakilan Dagang AS (USTR), rincian kesepakatan dagang tersebut berisi tentang ekspor makanan, pertanian, dan produk makanan laut AS ke China.

Sementara itu, China mengakhiri praktik pemaksaan atau penekanam perusahaan asing untuk mentransfer teknologi mereka ke perusahaan China.

Baca juga: AS-China Capai Kesepakatan Fase Pertama, Perang Dagang Mereda?

USTR juga menyebut, kesepakatan itu menegaskan kembali penentangan AS terhadap manipulasi mata uang dan komitmen China untuk membeli setidaknya 200 miliar dollar AS dalam bentuk komoditi ekspor AS selama dua tahun ke depan.

"Kami telah melalui proses penerjemahan yang saya pikir kami katakan benar-benar masalah teknis. Dan orang-orang bisa melihat. Ini adalah perjanjian yang sangat, sangat luas," kata Menteri Keuangan Steven Mnuchin.

Mnuchin, Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer, dan para negosiato top dalam perudnisngan itu akan menghadiri penandatanganan kesepakatan di Washington.

Baca juga: Ada Perang Dagang, Kenapa China Tak Relokasi Industri ke RI?

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X