Juni 2020, Sarinah Resmi Jual Produk UMKM Dalam Negeri

Kompas.com - 14/01/2020, 15:09 WIB
Teten Masduki saat diwawancarai media di Jakarta, Senin (6/1/2020). KOMPAS.com/ELSA CATRIANATeten Masduki saat diwawancarai media di Jakarta, Senin (6/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki mengatakan pada Juni 2020, PT Sarinah (Persero) akan resmi fokus menjual produk UMKM dalam negeri.

Teten mengatakan, dengan berkerja sama dengan Kementerian BUMN, Sarinah nantinya akan dijadikan sebagai Trading House dan Showcasing bagi produk UMKM.

"Pada juni ini nanti kita launching Sarinah jadi hub untuk produk UMKM," ucapnya saat rapat bersama komite 4 DPD RI, Selasa (14/1/2020).

Baca juga: Erick Thohir: Sarinah akan Dijadikan Pusat UMKM

Ia mengatakan nantinya Sarinah akan difokuskan menjual produk-produk UMKM agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas di dalam negeri.

Kemudian, dalam upaya memperluas pasar dalam negeri Teten berencana akan menggandeng Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memasarkan produk UMKM di setiap rest area.

"Selain itu Presiden juga udah teriak-teriak ke Kementerian PUPR biar di rest area itu khusus produk UMKM," ujarnya.

Baca juga: Erick Thohir Kritik Bisnis Model Sarinah yang Ketinggalan Zaman

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, telah mempunyai rencana khusus dalam rangka pengembangan bisnis PT Sarinah (Persero).

Erick menginginkan outlet-outlet Sarinah dijadikan pusat pengembangan UMKM.

“Jadi nanti Sarinah itu nanti akan kita jadikan pusat daripada UMKM ini,” ujar Erick di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Erick menambahkan, Kementerian BUMN akan menggandeng Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah untuk menyeleksi produk-produk UMKM yang bisa dijual di gerai-gerai Sarinah

“Kalau nanti di dalam negerinya sudah baik, bukan tidak mungkin Sarinah juga akan membuka outlet di bandara-bandara yang memang menjadi pusat tujuan wisata, seperti Bali, Labuan Bajo,” kata Erick.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X