Gojek Tanggapi Komentar YLKI tentang Lambatnya Respons Keluhan penipuan

Kompas.com - 14/01/2020, 18:19 WIB
VP Corporate Affairs Gojek Michael Say KOMPAS.COM/RINA AYU LARASATIVP Corporate Affairs Gojek Michael Say

JAKARTA, KOMPAS.com - Startup Decacorn Gojek beri tanggapan atas komentar Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (  YLKI) terkait lambannya respons Gojek dalam mengatasi penipuan yang menyebabkan konsumen mengalami kerugian.

VP Corporate Affairs Gojek Michael Say mengatakan pihaknya memiliki prosedur terkait dengan pelaporan yang masuk ke customer care. Ia memastikan semua laporan tersebut akan diproses sesuai dengan SOP yang ada.

"Kami itu harus merespon dalam waktu 24 jam," kata Michael.

Dia melanjutkan dalam beberapa kasus penipuan yang terjadi belakangan ini pihaknya bahkan turut mendampingi para korban untuk melaporkan kasus tersebut ke polisi.

Sebelumnya Sekretaris YLKI Agus Suyatno mengatakan, saat ini masyarakat Indonesia belum terbiasa untuk melakukan pengaduan langsung kepada pelaku usaha atau aplikator terkait keluhan yang dimiliki. Hal ini diperparah dengan lambatnya respon apkikator di Indonesia.

"Ini yang membuat konsumen semakin apatis atau lambat dalam melapor," kata Agus, kepada Kompas.com, Senin (13/1/2020).

Padahal respon yang cepat dari pelaku usaha atau aplikator adalah hak konsumen yang dijamin oleh Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.

"Bahwasanya setiap konsumen berhak mendapatkan penyelesaiaan permasalahan secara baik," ujarnya.

Oleh karena itu, YLKI mendesak aplikator seperti Gojek dan Grab untuk melakukan perbaikan sistem pengaduan konsumen. Menurutnya, sistem pengaduan konsumen tidak seharusnya hanya dijadikan sebuah struktur perusahaan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X