Permudah Layanan Ekspor, Kemenkeu Buka Kantor Bersama di Rawamangun

Kompas.com - 15/01/2020, 10:46 WIB
Kantor Ekspor Bersama Kementerian Keuangan KOMPAS.com/Rully R. RamliKantor Ekspor Bersama Kementerian Keuangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan melalui unit Lembaga National Single Window meresmikan kantor bersama ekspor di kawasan Rawamangun, Jakarta Pusat. Kantor ini diresmikan untuk menyediakan informasi ekspor kepada para pelaku usaha.

Kepala LNSW Agus Rofiudin mengatakan, sebelumnya pelayanan ekspor dapat dilakukan di Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI). Namun, masih terdapat beberapa pelaku usaha yang merasa enggan untuk datang ke kantor yang berada di kawasan SCBD tersebut.

"Mereka bilang, mereka (pelaku usaha) merasa tempatnya terlalu e lit disana, karena mereka merasa kecil," kata dia di Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Oleh karenanya, Agus menginisiasi kerja sama dengan LPEI terkait pelayanan ekspor. Sehingga, apabila ada pelaku usaha yang membutuhkan informasi mengenai pembiayaan ekspor, LNSW dapat mengarahkannya ke LPEI.

Baca juga: Mahasiswa Didorong Jadi Eksportir Muda

Bukan hanya dengan LPEI atau unit Kemenkeu lainnya, LNSW juga sudah bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian terkait pelayanan data dan informasi.

Bahkan, ke depannya Kemenkeu juga akan menggandeng Kementerian Koperasi dan UKM untuk memfasilitasi pelaku usaha kecil.

"Yang semula sendiri-sendiri, nanti akan terintegrasi," ujar dia.

Di tempat yang sama Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto menyambut baik peresmian ini.

Menurutnya, kantor ini akan mampu memaksimalkan ekspor nasional dengan cara memetakan potensi yang dimiliki.

"Tentu namanya juga kantor ekspor bersama kita harapkan juga bisa menjawab berbagai pertanyaan kebutuhan informasi para eksportir," ucap dia.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X