Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, 6 Kesalahan yang Tak Pernah Dilakukan Orang Sukses

Kompas.com - 15/01/2020, 18:42 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Belajar untuk mencapai kesuksesan tidak harus selalu dari hal-hal baik.

Belajar dari kesalahan orang lain juga bisa menciptakan perbedaan yang besar dan membantu Anda mencapai kesuksesan maupun kesejahteraan materi.

Dikutip dari CNBC, Rabu (15/1/2020), berikut ini 6 kesalahan yang tidak pernah ilakukan oleh orang-orang sukses nan kaya.

1. Malas

"Sifat malas memang menggoda. Akan tetapi, jika Anda ingin mencapai hasil yang besar, Anda harus bekerja," kata Michael Ovitz, mantan presiden The Walt Disney Company, investor, dan filantropis.

Ovitz mengatakan, ia dibesarkan oleh orang tua yang mengatakan padanya bahwa ia dapat melakukan apapun yang diinginkannya dan menjadi apapun yang ia inginkan, asalkan ia berusaha keras.

"Saya mungkin bekerja terlalu keras, tapi itu yang harus dilakukan," ucapnya.

Baca juga: Ingin Anak Jadi Pebisnis Sukses? Ini 4 Tips dari Ibunda Elon Musk

2. Berperilaku negatif

"Ketika saya merekrut seseorang untuk bisnis saya atau bermitra dengan pengusaha di Shark Tank, saya melihat satu hal, (yaitu) perilaku yang positif," ujar Barbara Corcoran, pendiri The Corcoran Group dan investor Shark Tank.

Corcoran menyebut, sebelumnya ia biasa berpikir bisa mengubah seseorang yang berperilaku negatif, namun kemudian ia belanjar untuk memecat mereka.

"Hanya butuh 1 orang negatif di dalam kelompok berisi 10 orang positif untuk membuat satu tim gagal. Namun, tidak ada yang bisa mengalahkan orang yang mengatakan, 'kita bisa melakukannya'," terang Corcoran.

3. Menunggu terlalu lama untuk mengambil keputusan

Shaun Rawls, pendiri dan CEO Rawls Consulting dan penulis buku F’-IT-LESS, beberapa tahun lalu ia belajar prinsip yang sangat bernilai dari mantan Menteri Luar Negeri dan jenderal AD AS Colin Powell bahwa seseroang hanya butuh 40 sampai 70 persen informasi untuk membuat keputusan. 

"Jika Anda bisa mengaplikasikan aturan 40/70, Anda akan sukses dalam apapun yang Anda lakukan," sebut Rawls.

Jika Anda menunggu hingga benar-benar yakin, maka Anda akan kehilangan kesempatan. Percaya insting Anda dan tentukan keputusan.

"Kepemimpinan yang efektif adalah paduan pengetahuan dan pengalaman. Seringkali kemampuan Anda untuk mengambil keputusan saat tidak ada informasi bisa menjadi proposisi nilai Anda yang sangat berharga," imbuh Rawls.

Baca juga: Ingin Sukses di 2020? Tinggalkan 6 Hal Ini

4. Tidak tersenyum

"Senyum yang hangat dan tulus langsung menciptakan kepercayaan, yang merupakan batu loncatan menuju setiap transaksi bisnis. Tak hanya memberikan energi positif terhadap ekspresi Anda, namun (senyum) juga membuat Anda tampak mudah untuk didekati," tutur Holly Parker, pendiri dan CEO The Holly Parker Team di Douglas Elliman.

Parker mengungkapkan, orang ingin melakukan bisnis dengan orang yang mereka suka, terhubung, dan merasa nyaman.

Halaman:
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com